Otitis Externa : Cara Pencegahan dan Penanganannya
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Otitis Externa : Cara Pencegahan dan Penanganannya

Otitis externa adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan (kemerahan dan pembengkakan) dari saluran telinga luar, yang merupakan tabung antara telinga luar dan gendang telinga.

Otitis eksterna sering disebut sebagai “telinga perenang” karena paparan berulang terhadap air dapat membuat saluran telinga lebih rentan terhadap peradangan.

Gejala otitis eksterna meliputi:

  • sakit telinga, yang bisa parah
  • gatal di saluran telinga
  • keluarnya cairan atau nanah dari telinga
  • beberapa tingkat gangguan pendengaran sementara

Biasanya hanya satu telinga yang terpengaruh.

Dengan pengobatan, gejala-gejala ini akan hilang dalam beberapa hari. Namun, beberapa kasus dapat bertahan selama beberapa bulan atau lebih lama.

Baca lebih lanjut tentang otitis eksterna

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?

Anda harus menemui dokter umum jika Anda menderita otitis eksterna.

Dokter umum Anda akan bertanya tentang gejala Anda dan apakah Anda secara teratur menggunakan benda apa pun yang dimasukkan ke telinga Anda, seperti alat bantu dengar atau penyumbat telinga. Mereka juga dapat memeriksa bagian dalam telinga Anda menggunakan alat yang disebut otoscope.

Jika Anda mengalami episode otitis externa berulang yang belum merespons terhadap pengobatan, dokter umum Anda mungkin akan menyedot cairan bagian dalam telinga Anda. Ini akan diuji untuk membantu menentukan jenis infeksi apa yang Anda miliki, jika ada, sehingga obat yang tepat dapat diresepkan.

Apa yang Menyebabkan Otitis Externa?

Sebagian besar kasus otitis eksterna disebabkan oleh infeksi bakteri, walaupun kondisinya juga dapat disebabkan oleh:

  • gangguan
  • infeksi jamur
  • alergi

Ada beberapa hal yang dapat membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan otitis eksterna, termasuk:

  • merusak kulit di dalam telinga Anda
  • secara teratur mendapatkan air di telinga Anda

Mendapatkan air di telinga Anda sangat penting, karena ini dapat menyebabkan Anda menggaruk bagian dalam telinga Anda, dan kelembaban juga menyediakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Siapa yang Terpengaruh?

Otitis eksterna relatif sering terjadi. Diperkirakan sekitar 1 dari 10 orang akan terkena dampaknya di beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Kondisi ini sedikit lebih umum pada wanita daripada pria dan paling sering didiagnosis pada orang dewasa berusia 45 hingga 75 tahun.

Orang dengan kondisi jangka panjang (kronis) tertentu berisiko lebih besar terkena kondisi tersebut. Ini termasuk:

  • eksim
  • asma
  • rinitis alergi

Bagaimana Mengatasi Otitis Eksterna

Otitis eksterna kadang menjadi lebih baik tanpa pengobatan, tetapi bisa memakan waktu beberapa minggu. Dokter umum Anda dapat meresepkan obat tetes telinga yang biasanya memperbaiki gejalanya dalam beberapa hari.

Ada beberapa jenis tetes telinga yang dapat digunakan untuk mengobati otitis eksterna, tetapi semuanya cenderung digunakan beberapa kali sehari selama sekitar satu minggu. 

Dokter umum Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis untuk perawatan lebih lanjut dan saran jika gejalanya parah atau mereka gagal menanggapi pengobatan.

Mencegah Otitis Eksterna

Untuk membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya otitis eksterna, Anda harus menghindari memasukkan cotton bud dan hal-hal lain ke dalam telinga Anda (termasuk jari-jari Anda), karena ini dapat merusak kulit sensitif di saluran telinga Anda.

Jika Anda seorang perenang biasa, pertimbangkan untuk menggunakan sumbat telinga saat berenang atau mengenakan topi renang untuk menutupi telinga Anda dan melindunginya dari air.

Anda juga harus mencoba untuk tidak memasukkan air, sabun atau sampo ke telinga Anda saat mandi atau mandi.

Komplikasi

Komplikasi otitis eksterna jarang terjadi, tetapi beberapa bisa sangat serius. Salah satu komplikasi langka otitis eksterna adalah otitis eksterna ganas, yang merupakan tempat infeksi menyebar dari saluran telinga ke tulang di sekitarnya.

Ini membutuhkan perawatan segera dengan antibiotik dan kadang-kadang pembedahan, karena bisa berakibat fatal jika tidak diobati.

Jika komplikasi bertambah parah dan Anda menderita gangguan pendengaran secara permanen, maka Anda membutuhkan alat bantu dengar. Anda bisa menghubungi ABDI untuk mendapatkan segala informasi tentang alat bantu dengar di sini. bersama ABDI Anda akan memperoleh pendengaran Anda kembali dan kehidupan sosial Anda secara lebih baik lagi.

Sumber : https://www.alodokter.com/otitis-eksterna

and share :