Kehilangan Pendengaran, Cara Membantu Penderitanya
Gangguan Pendengaran

Kehilangan Pendengaran, Cara Membantu Penderitanya

No ratings yet.

Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami kehilangan pendengaran? Terdapat 360 juta orang di seluruh dunia mengalami masalah pendengaran. Kemungkinan besar Anda akan mudah menemukannya disekitar. Orang-orang dengan kehilangan pendengaran kadang-kadang harus berjuang untuk mengikuti percakapan. Biasanya mereka juga harus menghindari kehidupan sosial karena merasa hal tersebut terlalu menantang atau melelahkan. Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu.

Membantu Orang Dengan Kehilangan Pendengaran

Artikel di bawah ini akan membagikan saran tentang bagaimana cara untuk membantu orang-orang dengan kehilangan pendengaran di sekitar.

Gunakan Cara Berkomunikasi Terbaik

Saat berbicara dengan seseorang yang memiliki kehilangan pendengaran, Anda harus menggunakan cara berkomunikasi terbaik. Dapatkan perhatian mereka terlebih dahulu. Dalam banyak kasus mereka perlu melihat wajah dan bibir Anda untuk mendengarkan. Jangan berbicara kepada mereka dari ruangan lain dan pastikan untuk menjaga gerak bibir Anda saat berbicara. Jangan pernah tutup mulut Anda dengan tangan atau berbicara sambil makan.

Berbicaralah dengan jelas dan dengan kecepatan sedang, tetapi jangan berteriak. Ketika berada dalam sebuah grup, Anda dapat bicara satu per satu sehingga mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memahami.

Kelola Lingkungan Untuk Pendengaran yang Optimal

Lingkungan adalah unsur penting dalam kemampuan mereka untuk mendengar. Pertahankan kebisingan latar belakang seminimal mungkin dan area yang cukup terang agar mereka dapat melihat mulut Anda untuk memudahkan membaca gerak bibir. Jika memungkinkan, mintalah orang dengan kehilangan pendengaran mengatur tempat duduk untuk semua orang.

Berikan Dukungan, Bukan Belas Kasihan

Jika seseorang memberitahu Anda bahwa ia memiliki kehilangan pendengaran, jangan minta maaf. Tidak ada yang perlu Anda sesali. Cukup tanyakan kepada mereka apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka mendengar dengan jelas dan kemudian ikuti instruksi.

Pahami bahwa alat bantu dengar tidak berfungsi seperti kacamata dan tidak akan mengembalikan pendengaran menjadi normal. Beri mereka dukungan.

Hindari Kata  “tidak apa-apa”

Mengulang-ulang apa yang Anda katakan memang membosankan. Mendengar kata “tidak apa-apa” ini dapat menyebabkan orang dengan kehilangan pendengaran lebih memilih mengisolasi hidupnya.

Jika seseorang dengan kehilangan pendengaran meminta Anda mengulangi apa yang Anda katakan, Anda dapat mengulanginya lagi. Trik lain adalah meminta orang itu mengulangi apa yang mereka pikir telah mereka dengar sehingga Anda dapat memberikan bagian yang hilang.

Mencoba Teknologi Baru

Alat bantu dengar saja seringkali tidak cukup dalam situasi mendengarkan yang sulit seperti restoran yang ramai, pesta atau bahkan di bioskop. Produk baru terus dikembangkan untuk membuat segalanya lebih mudah. Ikuti perkembangan teknologi baru dan dorong eksperimen dengan perangkat baru. Teknologi itu menantang, tetapi dengan latihan hal itu bisa mengubah hidup lebih mudah.

Saat ini ABDI telah memiliki beberapa pilihan alternatif alat bantu dengar beserta aksesorisnya yang canggih untuk memudahkan mereka mendapatkan hidup yang lebih baik. Kami bahkan telah memiliki alat bantu dengar Livio AI dari Starkey yang mampu menyesuaikan suasana mendengar yang dibutuhkan. Sensor jatuh, dan kemampuan untuk terhubung dengan smartphone dan mengontrol volume perangkat audio di sekitar mereka. Cukup hubungi no 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini, untuk memperoleh janji temu dan membantu orang-orang dengan kehilangan pendengaran di sekitar Anda untuk hidup lebih baik.

Sumber : https://livingwithhearingloss.com/2019/05/07/seven-ways-you-can-make-life-easier-for-someone-with-hearing-loss/

Please rate this

and share :