Cara Berbicara dengan Pasangan Tentang Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Cara Berbicara dengan Pasangan Tentang Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Berdasarkan Asosiasi Gangguan Pendengaran Amerika, usia adalah faktor terkuat penyebab gangguan pendengaran yang dialami oleh orang dewasa usia 20-69 tahun. Dari rentang usia tersebut, jumlah terbesar penderita gangguan pendengaran dialami oleh mereka yang berusia lansia atau sekitar 60-69 tahun.

Para profesional pendengaran mengatakan bahwa anggota keluarga pasien adalah yang bertanggung jawab membawa pasien ke layanan kesehatan pendengaran untuk melakukan tes pendengaran pertama kali. Namun sayangnya, banyak dari pasien yang enggan melakukan rencana perawatan selanjutnya meskipun hasil dari tes pemeriksaannya menunjukkan bahwa mereka positif mengalami gangguan pendengaran.

Jadi, bagaimana Anda meyakinkan pasangan atau orang terdekat Anda bahwa kesehatan pendengaran mereka adalah prioritas demi kebaikan kedua belah pihak? Sebaliknya, bagaimana seharusnya jawaban Anda ketika pasangan Anda mengatakan bahwa Anda perlu melakukan tes pendengaran?

Jika Pasangan Anda Tidak Dapat Mendengar Dengan Baik

Hidup dengan seseorang yang tidak mampu mendengar dengan baik bisa sangat membuat frustasi, apalagi jika dia tidak menyadarinya. Jika mereka terus-menerus meminta Anda untuk mengulangi perkataan Anda, menyalakan TV dengan volume suara yang terlalu keras sehingga membuat Anda tidak nyaman, atau kesulitan mendengar suara telepon, atau bel pintu, mungkin ini saatnya untuk berbicara dengannya dari hati ke hati. Pilih waktu dimana Anda berdua dalam mood yang cukup bagus dan bisa berbicara tanpa ada yang mengganggu. Gunakan nada suara yang mantap, namun penuh kasih agar tidak terdengar menghakimi atau merendahkan pasangan Anda.

  • Katakan bahwa Anda peduli dengan kesehatan mereka. Ketika gangguan pendengaran tidak segera ditangani atau hanya dibiarkan saja, area di otak yang memproses ucapan dan bahasa dapat berhenti berfungsi. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko individu terkena demensia dan Alzheimer, begitu juga depresi, frustasi, dan gelisah.
  • Katakan bahwa Anda juga peduli dengan kesehatan Anda sendiri. Tingkat kebisingan suara yang terlalu tinggi (contohnya dari suara TV yang terlalu keras) seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan Noise-Induced Hearing Loss (NHL) yakni gangguan pendengaran  yang disebabkan oleh kebisingan. Belum lagi stres karena memikirkan kesehatan dan keamanan orang yang Anda cintai dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda secara tidak langsung.
  • Buat janji temu untuk memeriksakan pendengaran Anda dan mintalah mereka untuk pergi bersama Anda. Pertama, ini adalah hal yang memang harus Anda lakukan. Kedua, tidak ada salahnya membawa pasangan  Anda untuk ikut mendengar apa yang dikatakan oleh dokter. Proses tes pendengaran sangat mudah dan sederhana, mereka tidak akan menolak untuk memeriksakan pendengarannya juga. Karena, siapa yang tahu jika ternyata mereka juga memiliki gangguan pendengaran?
  • Lakukan riset. Anda tahu tentang pasangan Anda lebih baik dari siapapun, bagaimana dia dapat menolak? Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat janji temu tes pendengaran, merasa belum setua itu untuk menggunakan alat bantu dengar, uang yang dikeluarkan untuk membeli alat bantu dengar tidak sepadan dengan manfaatnya karena Anda merasa masih bisa mengatasi gangguan pendengaran Anda, maka ada baiknya Anda mencari tahu tentang semua itu terlebih dahulu di internet atau pusat layanan kesehatan pendengaran terdekat di kota Anda. Ada banyak webiste kesehatan pendengaran yang menyediakan informasi tentang pilihan solusi dari masalah pendengaran Anda sehingga Anda bisa memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jika Pasangan Anda Mengatakan Bahwa Anda Tidak Mendengar Dengan Baik

Gangguan pendengar dapat menjadi sesuatu yang cukup memalukan bagi penderitanya. Pasangan Anda bisa jadi tidak tega jika harus mengatakan bahwa Anda harus memeriksakan pendengaran Anda. Namun jika ia memberanikan diri untuk mengatakannya, maka inilah yang harus Anda lakukan.

  • Terimalah saran tersebut. Anda tidak perlu merasa terhina ketika pasangan Anda mengatakannya karena niatnya adalah untuk kebaikan Anda berdua.
  • Pelajari tentang gangguan pendengaran. Ada banyak jenis gangguan pendengaran dan alasan mengapa Anda harus segera mengatasinya.
  • Setuju untuk memeriksakan pendengaran Anda. Tes pendengaran sangat mudah dilakukan dan tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Beberapa layanan kesehatan pendengaran bahkan menawarkan tes pemeriksaan pendengaran gratis tanpa syarat apapun.

Ambil Langkah Selanjutnya

Meskipun Anda berdua masih dapat mendengar dengan baik, tidak ada salahnya untuk membiasakan melakukan tes pendengaran setiap tahunnya. Sama seperti ahli kesehatan lain, ahli kesehatan pendengaran Anda akan membandingkan hasil pemeriksaan terbaru dengan sebelumya dan menginformasikan permasalahan yang mungkin muncul. Untuk menemukan seorang profesional kesehatan pendengaran terpercaya, Anda dapat melakukannya dengan mencari tahu terlebih dahulu di internet. Merawat kesehatan pendengaran Anda tidak hanya bermanfaat untuk Anda sendiri, namun juga akan membawa banyak kebaikan bagi orang-orang yang Anda sayangi.

Please rate this

and share :