TipsBerkomunikasiBagiPenderitaGangguanPendengaran
Gangguan Pendengaran

6 Tips Berkomunikasi Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Anda mungkin merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain jika Anda memiliki gangguan pendengaran. Meskipun demikian, tidak berarti Anda tidak dapat terlibat dalam sebuah percakapan dengan orang lain. Selain menggunakan alat bantu dengar dengan rutin, berikut adalah beberapa tips kunci untuk dapat berkomunikasi dengan lebih baik meskipun memiliki gangguan pendengaran.

Jangan Takut untuk Memberi Tahu Orang Lain Tentang Gangguan Pendengaran  Anda

Tidak ada yang salah dengan memberi tahu orang lain tentang gangguan pendengaran yang Anda alami. Memberi tahu orang tentang gangguan pendengaran yang Anda miliki dapat menenteramkan pikiran dan membantu Anda merasa lebih nyaman ketika berkomunikasi.

  • Jika Anda membiarkan orang lain tahu tentang gangguan pendengaran Anda, mereka akan lebih berhati-hati ketika berkomunikasi dengan Anda.  Contohnya, mereka akan menatap Anda ketika Anda berbicara dan akan berbicara dengan lebih pelan saat giliran mereka.
  • Membiarkan orang lain tahu juga akan membantu ketika Anda melewatkan sebuah kata atau kebingungan di tengah percakapan. Mereka akan mengerti bahwa itu dikarenakan gangguan pendengaran Anda dan bukan karena Anda tidak memperhatikan mereka.

Gunakan Mata Anda Secara Efektif

Hanya karena Anda memiliki gangguan pendengaran, bukan berarti Anda tidak bisa terlibat dalam sebuah percakapan. Anda masih memiliki mata yang dapat digunakan untuk memahami apa isi percakapan tersebut.

  • Ambil posisi sedekat mungkin dengan lawan bicara dan pastikan Anda dapat melihat gerak bibir mereka secara jelas. Membaca gerak bibir adalah satu dari cara paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk berkomunikasi ketika memiliki gangguan pendengaran.
  • Jangan memulai percakapan dengan seseorang dari ruangan lain atau berbeda ruangan.
  • Jangan berpura pura mengerti sesuatu padahal Anda tidak mendengarnya secara tepat.

Fokus pada Alur Pembicaraan

  • Jika mungkin, cobalah menanyakan lawan bicara untuk mengulangi apa yang baru dia katakan. Ini akan meyakinkan Anda bahwa Anda tetap pada topik pembicaraan.
  • Hindari mengatakan “apa?” atau “hah?”, ketika Anda melewatkan sesuatu. Cobalah untuk lebih spesifik terhadap apa yang Anda lewatkan dalam percakapan.
  • Lebih spesifiklah tentang apa yang Anda perlukan dan inginkan. Jika percakapannya terlalu cepat atau lawan bicara Anda berbicara terlalu pelan, Anda dapat meminta mereka untuk memperlambat ucapannya atau berbicara lebih keras lagi sehingga Anda dapat mengikuti dengan baik.

Hadapi Keramaian

  • Situasi pada ruang publik menjadi lebih menantang bagi orang dengan gangguan pendengaran dikarenakan keramaiannya. Taman, restoran yang penuh, atau tempat lain dengan kerumuman yang ramai seharusnya dihindari sebisa mungkin karena akan menyulitkan Anda untuk berkomunikasi dengan baik dan benar jika lingkungannya terlalu berisik.
  • Jika Anda tidak dapat menghindari keramaian, cobalah untuk duduk di depan orang yang Anda ingin dengar dan mendekatlah sehingga Anda dapat membaca gerak bibir mereka.

Selalu gunakan alat bantu dengar

Alat bantu dengar dianggap sebagai perangkat yang paling membantu bagi orang dengan gangguan pendengaran. Alat bantu dengar memudahkan mereka dalam mendengar, membantu komunikasi menjadi lebih baik, dan membantu mereka beraktivitas dengan lancar di segala kondisi. Penting untuk dicatat bahwa alat bantu dengar tidak dapat menyembuhkan pendengaran Anda seperti sedia kala. Alat bantu dengar adalah alat yang dirancang untuk meningkatkan pendengaran. Alat ini dirancang untuk orang berkebutuhan khusus yang tidak dapat mendengar sehingga bisa mendengar suara-suara yang masuk ke telinganya. Dengan alat bantu dengar, Anda dapat mendengar suara yang mungkin tak dapat didengar sebelumnya, seperti dering lonceng, suara air mengalir, burung bernyanyi, dan sebagainya.

Bersabarlah

Belajarlah untuk bersabar dengan diri sendiri jika Anda benar-benar ingin berkomunikasi dengan lebih baik. Selain Anda, teman, keluarga atau orang tercinta yang tahu tentang gangguan pendengaran Anda juga harus bisa bersabar. Mereka juga harus bisa memahami kekurangan Anda ketika berbicara dengan Anda. Diskusikan setiap masalah yang ada dengan teman dan keluarga Anda. Mereka adalah support system pertama Anda dan mereka dapat memberi saran atau bantuan ketika Anda berada di situasi komunikasi yang cukup sulit.

Setiap orang dengan gangguan pendengaran masih memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Itu semua tergantung pada orang tersebut dan strategi apa yang ia gunakan.

Temukan cara-cara untuk membantu meningkatkan pendengaranmu dan membuat  komunikasi menjadi lebih menyenangkan dengan orang lain. Jika memungkinkan, ada baiknya jika Anda mencari perawatan dan konseling dengan para profesional kesehatan pendengaran untuk mendiskusikan solusi terbaik tentang masalah pendengaran Anda.

Please rate this

and share :