.ManfaatAlatBantuDengaryangDapatMengubahHidupAnda
Alat Bantu Dengar Solusi Masalah Pendengaran

5 Manfaat Alat Bantu Dengar yang Dapat Mengubah Hidup Anda

5/5 (1)

Jika Anda memiliki gangguan pendengaran, Anda tidak sendiri. Berdasarkan penelitian yang didukung oleh World Health Organization, gangguan pendengaran adalah kondisi kesehatan umum yang menimpa hampir 50 juta orang Amerika.

Namun bertentangan dengan kepercayaan yang populer di masyarakat awam, ternyata gangguan pendengaran tidak hanya menimpa orang tua. Sebuah studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins yang diterbitkan dalam The Archives of Internal Medicine menemukan bahwa 1 dari 5 orang Amerika usia 12 tahun ke atas memiliki gangguan pendengaran yang cukup parah sehingga berdampak buruk terhadap proses komunikasi.

Menurut American Academy of Audiology, gangguan pendengaran adalah kondisi kesehatan ketiga yang paling umum  terjadi di Amerika Serikat, setelah penyakit jantung dan radang sendi. The Hearing Health Foundation memperkirakan bahwa ] orang Amerika yang hidup dengan gangguan pendengaran jumlahnya melebihi mereka yang mengidap penyakit Parkinson, Epilepsi, Alzheimer, dan Diabetes. Namun, meskipun prevalensi gangguan pendengaran yang cukup tinggi, para ahli memperkirakan bahwa hanya 20 persen dari mereka yang benar-benar menggunakan alat bantu dengar.

Alat bantu dengar menyediakan sejumlah manfaat yang terbukti secara klinis penggunanya,  seperti meningkatkan jalannya komunikasi dan mengurangi usaha yang dikeluarkan mendengar dan memahami suatu ucapan. Dapat mendengarkan dengan baik dan jelas akan membantu Anda tetap terhubung dengan orang-orang terdekat Anda. Jadi, bagi Anda yang masih memiliki keraguan untuk memutuskan menggunakan alat bantu dengar, berikut adalah lima manfaat terbaik yang hanya akan Anda dapatkan jika menggunakan alat bantu dengar.

Meningkatkan pendapatan

Tahukah Anda bahwa memakai alat bantu dengar terbukti dapat meningkatkan penghasilan Anda? Penelitian yang dilakukan oleh Better Hearing Institute menemukan bahwa gangguan pendengaran yang tidak ditangani dapat mengurangi pendapatan tahunan sebanyak $ 30.000. Studi ini juga menemukan bahwa mengatasi gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar dapat mengurangi risiko penurunan pendapatan hingga lebih dari 90% untuk orang dengan gangguan pendengaran ringan, dan hampir 77% untuk mereka dengan gangguan pendengaran sedang sampai berat.

Menunda penurunan kemampuan kognitif

Beberapa penelitian telah membuktikan adanya hubungan antara gangguan pendengaran yang tidak ditangani dengan peningkatan risiko demensia dan penurunan fungsi kognitif. Penurunan ini adalah dampak yang paling besar bagi  mereka yang tidak menggunakan alat bantu dengar. Sebuah penelitian dari University of Pennsylvania menemukan bahwa gangguan pendengaran dapat mempercepat atrofi di area pendengaran otak sehingga penderitanya akan semakin kesulitan dalam memahami sebuah ucapan atau percakapan.

Namun kabar baiknya, para peneliti juga telah menemukan bahwa alat bantu dengar terbukti membantu mengurangi atrofi tersebut sekaligus meningkatkan kemampuan pendengaran pemakainya. Penelitian menarik lainnya juga mendukung temuan tersebut  bahwa mengatasi gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar dapat memperlambat penurunan kognitif yang ada hubungannya dengan gangguan pendengaran.

Mengurangi tinnitus yang sangat menjengkelkan

Tahuka Anda bahwa ada lebih dari 50 juta orang Amerika yang mengalami tinnitus yakni suara denging atau bunyi klik bernada tinggi dari dalam telinga. Ditambah lagi, seringnya tinnitus muncul disertai dengan gangguan pendengaran. Menggunakan alat bantu dengar yang direkomendasikan oleh seorang profesional kesehatan pendengaran dapat mengurangi gangguan tinnitus yang dialami.

Semua alat bantu dengar baru milik Starkey – termasuk Halo iQ dan Muse iQ – mencakup teknologi yang dirancang khusus untuk mengurangi tinnitus. Menggunakan alat bantu dengar untuk mengatasi gangguan pendengaran juga telah terbukti mengurangi stres yang disebabkan oleh tinnitus.

Pengguna alat bantu dengar merasa puas dengan manfaat yang diberakan oleh perangkat komputer mini tersebut

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan perusahan non-profit Better Hearing Institute,  lebih dari 91% dari mereka yang membeli alat bantu merasa puas dengan pembelian mereka. Sedangkan hampir 90% pengguna alat bantu dengar saat ini telah merekomendasikan alat bantu dengar kepada seorang teman atau keluarga yang mengalami gangguan pendengaran.

Menjalani hidup dengan lebih baik

Akhirnya, Better Hearing Institute telah menemukan bahwa orang yang memakai alat bantu dengar untuk mengatasi gangguan pendengaran mereka mengakui bahwa mereka menikmati kualitas hidup mereka yang kian membaik secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan apa-apa terhadap gangguan pendengarannya.

Ingin merasakan kelima manfaat di atas dan menikmati kualitas hidup yang terus meningkat? Cari tahu sekarang juga alat bantu dengar dengan harga terbaik yang paling sesuai dengan Anda dan bersiap-siaplah untuk menjadi orang selanjutnya yang bersyukur karena keputusan tepat Anda untuk menggunakan alat bantu dengar.

Please rate this

and share :