Penyebab Telinga Berdenging Dan Bagaimana Menghentikannya
Uncategorized

Penyebab Telinga Berdenging dan Bagaimana Menghentikannya

5/5 (1)

Jika Anda merasa bahwa telinga Anda berdenging atau mendengung secara terus menerus, maka ada kemungkinan Anda menderita apa yang disebut pakar kesehatan sebagai tinnitus. Para ahli telah mencoba untuk menemukan penyebab fisiologis tinnitus namun hingga saat ini hal itu masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Paparan suara keras, cidera kepala, obat-obatan ototoksik, dan bahkan kotoran telinga diperkirakan sebagai pemicu dan dapat memperparah tinnitus yang diderita. Hingga saat ini,  para ilmuwan dan profesional medis masih belum bisa menemukan penyebab pasti suara dengung di telinga tersebut.

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda atas tinnitus yang diderita. Ada yang mengalami tinnitus setelah mendengar suara yang amat keras seketika, ada yang mengalami karena tidak pernah memakai pelindung telinga selama ia bekerja di lingkungan yang bersuara keras, ada yang mengalami tinnitus karena mengidap flu, dan ada yang mengalami tinnitus setelah berpergian menggunakan pesawat terbang.

Faktanya, 50 juta orang di Amerika saat ini menderita telinga berdenging atau tinnitus. Dapat dikatakan bahwa tinnitus ini sangat umum terjadi, yakni mengenai 1 dari tiap 6 orang di Amerika. Tinnitus biasanya menyertai gangguan pendengaran meskipun gangguan pendengaran diyakini tidak disebabkan oleh tinnitus. Sebaliknya, tinnitus juga tidak disebabkan oleh gangguan pendengaran meskipun keduanya terjadi secara bersamaan. Terlepas dari bagaimanapun tinnitus berawal, bagaimanapun suaranya, dan entah derajat keparahannya ringan atau berat, mereka yang mengalami dengung di telinga secara terus-menerus tersebut ingin agar hal itu cepat mereda.

Apa yang harus Anda lakukan jika orang yang Anda sayangi menderita tinitus?

Dikarenakan penyebab tinitus tidak diketahui secara pasti, maka sebaiknya Anda menghubungi atau mendatangi layanan kesehatan pendengaran untuk evaluasi klinis seperti riwayat kesehatan dan riwayat pemakaian obat. Evaluasi ini akan membantu audiolog menentukan bahwa pasien memang mengalami tinitus dan dapat mencari tahu  apa penyebabnya. Selanjutnya audiolog akan melakukan tes khusus untuk mengevaluasi sistem pendengaran pasien. Tes ini bertujuan mengukur sifat tinnitus tersebut secara spesifik.

Apakah ada cara menghentikan suara dengung di telinga?

Sayangnya, penyembuhan tinnitus adalah hal yang harus dipelajari lebih lanjut oleh pakar ilmu pengetahuan dan medis. Namun meskipun tidak ada obat untuk telinga yang berdenging secara terus-menerus, tersedia beberapa pilihan pengobatan yang efektif salah satunya yakni dengan menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar yang dirancang khusus dengan teknologi tinnitus saat ini menjadi lebih populer karena terbukti dapat membantu meredakan telinga berdenging. Alat bantu dengar tersebut memberikan stimulus suara yang dapat diatur dan disesuaikan sehingga mampu  menenangkan dan meredakan suara menjengkelkan yang disebabkan oleh tinnitus.

Jika Anda merasakan ketidaknyamanan pada telinga Anda karena dengungan-dengungan yang tidak diketahui penyebabnya, jangan ragu untuk mendatangi Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di kota Anda untuk mendapatkan solusi perawatan tinnitus terbaik dari konsultan kesehatan pendengaran kami.

Please rate this

and share :