Efek Jangka Panjang Gangguan Pendengaran Yang Tidak Diatasi
Gangguan Pendengaran

Efek Jangka Panjang Gangguan Pendengaran Yang Tidak Diatasi

No ratings yet.

Para peneliti melaporkan bahwa gangguan pendengaran yang tidak diatasi dan gangguan pendengaran terkait usia (presbikusis) dapat menyebabkan penurunan fungsi otak yang lebih cepat. Hal ini berdasarkan studi penting yang saat ini sedang dilakukan di John Hopkins University School of Medicine.

Menurut penelitian, orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi, rata-rata, terbukti mengalami gangguan signifikan dalam kemampuan kognitif mereka sekitar tiga tahun lebih cepat daripada mereka yang memiliki pendengaran normal.

Temuan tersebut, yang dilaporkan pada bulan Januari di Journal of American Medical Association Internal Medicine, adalah salah satu yang pertama muncul dari studi yang sedang berlangsung. Dimana studi ini memantau kesehatan hampir 2.000 pria dan wanita antara usia 75 hingga 84  tahun dari berbagai latar belakang budaya.

Dampak Gangguan Pendengaran yang Tidak Diatasi

Para peneliti menegaskan bahwa penjelasan yang mungkin ada dalam hubungan antara gangguan pendengaran dan isolasi sosial. Bahwa kesepian ditetapkan sebagai faktor risiko penurunan kognitif. Kemampuan mendengarkan yang memburuk juga dapat memaksa otak untuk bekerja lebih keras. Hal ini tentu menguras banyak energi untuk memproses suara dengan mengorbankan daya ingat dan pikiran.

Tidak ada penyebab tunggal gangguan pendengaran terkait usia, tetapi paparan kebisingan yang berlebihan telah diidentifikasi sebagai faktor risiko utama. Sering terpapar suara keras dalam jangka waktu yang lama dapat merusak jaringan lunak telinga bagian dalam. Gejalanya diantaranya seperti : mengalami kesulitan dalam percakapan, sering meminta orang untuk mengulangi apa yang baru saja mereka katakan, atau kebiasaan meningkatkan volume di TV atau radio terus menerus. Namun tentu saja gejalanya tidak hanya terbatas pada hal-hal tadi.

Diperkirakan bahwa di AS, sebanyak 27 juta orang Amerika di atas usia 50 tahun, termasuk dua pertiga pria dan wanita berusia 70 tahun keatas. Mereka menderita beberapa bentuk gangguan pendengaran. Yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa hanya 15% dari mereka yang membutuhkan alat bantu dengar yang benar-benar menggunakannya. Hal ini tentu meninggalkan banyak masalah dan konsekuensi dari gangguan pendengaran yang tidak diatasi.

Alasan Untuk Segera Mengatasi Gangguan Pendengaran

Kekhawatiran utama dari para profesional pendengaran adalah bahwa banyak orang yang membutuhkan alat bantu dengar tidak segera menggunakannya. Hal ini karena berbagai alasan. Termasuk stigmatisasi sosial terhadap gangguan pendengaran dan kurangnya akses ke pendidikan gangguan pendengaran atau perawatan yang terjangkau. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran berkepanjangan.  Yang pada gilirannya, akan memperburuk efek gangguan pendengaran pada fungsi otak.

Jika orangtua Anda atau mungkin Anda sendiri mengalami gangguan pendengaran dan belum mengatasinya, maka segera hubungi kami disini. Ahli pendengaran kami akan membantu menemukan solusi terbaik untuk kondisi pendengaran Anda.

Sumber : https://www.earq.com/hearing-health/articles/untreated-hearing-loss

 

Please rate this

and share :