Penyakit Ginjal Dapat Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran?
Gangguan Pendengaran

Penyakit Ginjal Dapat Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran?

2.75/5 (4)

Penyakit Ginjal Kronis dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran yang kebanyakan orang tidak tahu.  Anda mungkin berpikir, “Bagaimana hubungan antara gangguan pendengaran dan penyakit ginjal?”

Gangguan pendengaran dan penyakit ginjal memiliki hubungan antara satu dengan lainnya. Penyakit Ginjal Kronis (PGK) dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran yang kebanyakan orang tidak tahu. Karena PGK mempengaruhi lebih dari 10% orang, maka penting untuk mengetahui hal ini. Mungkin bukan untuk diri Anda sendiri, tetapi untuk teman dan keluarga.

Penyakit yang Berkaitan dengan Pendengaran

Pertama-tama, jaringan yang berada di ginjal dan telinga bagian dalam memiliki bentuk yang serupa. Mereka juga memiliki fungsi metabolisme yang sama, sehingga masalah yang mempengaruhi fungsi ginjal juga dapat merusak telinga bagian dalam. Tekanan darah tinggi, diabetes dan riwayat keluarga dengan penyakit ginjal kronis dapat meningkatkan risiko Anda mengalami masalah ginjal. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis dan begitu pula sebaliknya!

Selain itu, penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada banyak organ dalam tubuh. Termasuk ginjal, jantung, pembuluh darah dan telinga bagian dalam. Bahkan riwayat infeksi saluran kemih berulang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Sama halnya kondisi medis lain, pengetahuan adalah kekuatan!

Jadilah lebih proaktif untuk Anda atau orang yang Anda cintai. Lakukan evaluasi pendengaran oleh dokter THT atau audiolog jika Anda atau anggota keluarga ada yang mengalami penyakit ginjal kronis. Intervensi dini untuk mengetahui penyebab gangguan pendengaran adalah kuncinya! Menurut survei Kidney Foundation, lebih dari setengah orang dengan penyakit ginjal akut mengalami beberapa masalah pendengaran, dan lebih dari sepertiganya mengalami gangguan pendengaran yang sedang hingga berat.

Kaitan Penyakit Ginjal Sebagai Gangguan Pendengaran

Kalau dipikir-pikir, bentuk ginjal dan bentuk telinga sangat mirip!

Jelas penyakit ginjal kronis adalah masalah kesehatan yang serius dan harus segera diatasi dengan baik. Namun penting untuk memahami bahwa akan ada masalah kesehatan lain yang dapat timbul sebagai dampak dari penyakit ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang penyebab  gangguan pendengaran yang mungkin dialami oleh Anda atau keluarga lainnya yang juga mengalami penyakit ginjal, sampaikan pertanyaan Anda disini.

Sumber : https://hearingrehabcenter.com/hearing-loss/hearing-loss-and-kidney-disease/

 

Please rate this

and share :