Gangguan Pendengaran Ringan, Apakah Perlu Diatasi?
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Ringan, Apakah Perlu Diatasi?

No ratings yet.

Gangguan pendengaran ringan mungkin terdengar, umm.. ‘ringan’. Namun sepertinya hal ini merupakan anggapan yang salah. Para profesional mengklasifikasikan setiap ambang pendengaran antara 25-40 dB sebagai gangguan pendengaran ringan. (Klik di sini untuk mengetahui derajat gangguan pendengaran yang berbeda.)

Bagaimana Mendeteksi Gangguan Pendengaran Ringan

Orang dengan masalah ini cenderung dapat mendengar percakapan ketika seseorang berbicara di dekat mereka atau jika lingkungan sekitarnya sepi. Mereka juga mampu mendengar saat orang berbicara dengan keras. Namun, mereka mungkin juga merasa bahwa orang-orang bergumam dan / atau telinganya terasa seperti tersumbat. Mereka juga kesulitan saat ada sinyal suara yang bersaing (misalnya ucapan dan kebisingan bersama-sama). Juga, beberapa orang dengan masalah pendengaran ringan merasa mereka memiliki banyak kotoran di telinganya dan akan mendengar dengan baik setelah dibersihkan.

Huruf Konsonan Tertentu Sulit Dipahami

Beberapa huruf konsonan (f, k, s, sh) terdengar sangat lembut, dan orang dengan masalah pendengaran ringan membutuhkan usaha yang keras untuk mendengar suara tersebut. Hal ini membuat mereka berpikir bahwa orang lain tidak berbicara dengan jelas atau bergumam. Sistem pendengaran yang berjuang untuk mendengar suara lembut tadi merupakan penyebab mereka mengalami gangguan pendengaran.

Kabar baiknya, masalah ini dapat diatasi dengan alat bantu dengar. Dengan perangkat ini, mereka akan dapat mendengar suara lembut tersebut. Alat bantu dengar juga akan membantu mereka memahami pembicaraan dengan lebih baik saat ada banyak sinyal suara dan suara bising yang terdengar.

Dulu, banyak orang tidak mengatasi masalah pendengaran ringan karena dianggap bukan masalah besar. Tapi banyak hal berubah. Penelitian saat ini sedang dilakukan untuk menunjukkan bahwa mengatasi gangguan yang ringan juga dapat mencegah atrofi sistem pendengaran lebih lanjut. Penelitian lain menunjukkan penggunaan alat bantu dengar dapat memperlambat penurunan kognitif pada pasien usia lanjut.

Jika Anda merasa mengalami gangguan pendengaran atau mengalami gejala kehilangan pendengaran, ringan atau berat, sebaiknya segera jadwalkan kunjungan dengan ahli pendengaran untuk memeriksanya. Tidak tahu dimana dapat memeriksakan pendengaran Anda? Kami dapat membantu. Hubungi 0800-100-2234 atau klik di sini dan kami dapat membantu Anda menjadwalkan konsultasi dengan ahli pendengaran terdekat di kota Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2019/08/What-is-mild-hearing-loss

Please rate this

and share :