Solusi Masalah Pendengaran

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berpergian dengan Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Musim liburan memang dimanfaatkan untuk melepaskan penat sejenak dari seluruh tugas dan pekerjaan yang cukup memusingkan dan melelahkan. Namun, apakah Anda tahu jika ternyata momen liburan ini menjadi salah satu momen yang cukup membuat stress karena membutuhkan persiapan yang matang agar liburan terasa nyaman meskipun dalam waktu yang singkat. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan apalagi jika Anda adalah pengguna alat bantu dengar. Tentu Anda tidak ingin merasa direpotkan dengan perangkat tersebut ketika berada jauh dari rumah. Untuk itulah, para audiologis memberikan tips-tips berpergian untuk pengguna alat bantu dengar yang dapat memudahkan selama Anda berlibur.

Sebelum pergi
Ketika Anda memutuskan untuk berlibur, maka pastikan Anda sudah membuat janji dengan audiologis untuk mengunjungi klinik kesehatan atau pusat alat bantu dengar yang Anda percayai. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan memeriksakan kondisi alat bantu dengar Anda, memastikan bahwa perangkat tersebut berfungsi dengan baik sebelum Anda pergi liburan.

Apa yang harus dibawa?
Hampir setiap pengguna alat bantu dengar bertanya tentang hal-hal paling penting yang perlu disiapkan untuk alat bantuk dengarnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda sudah menyiapkan segala yang dibutuhkan dalam menjaga alat bantu dengar Anda tetap berfungsi secara optimal selama berlibur. Berikut ini adalah 8  tips bagi pengguna alat bantu dengar yang harus diingat sebelum pergi berlibur.

 

  • Baterai cadangan
    Terlihat sangat sepele, namun apapun bisa saja terlupakan, bukan? Kecuali alat bantu dengar Anda memiliki baterai yang dapat diisi ulang. Meskipun rencana liburan Anda lebih sebentar daripada jangka waktu ketahanan baterai, tidak ada salahnya untuk membawa cadangan baterai yang cukup banyak untuk berjaga-jaga jika kemungkinan sesuatu yang tidak terduga terjadi. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda sudah membeli baterai yang benar mengingat jenis baterai pada alat bantu dengar terdiri dari 4 macam ukuran. Untuk lebih mudah ketika membeli baterai, Anda harus mengingat kode warna baterai yang telah disediakan oleh industri alat bantu dengar, yakni ukuran 312 = coklat, 13 = orange, 10 = kuning, dan 675 = biru.
    1. Alat bantu dengar tetap dapat dibiarkan menyala selama penerbangan, meskipun ia berjenis nirkabel atau wireless. Semua maskapai penerbangan domestik mengizinkan penggunaan alat bantu dengar selama penerbangan. Jika Anda ragu-ragu, pastikan Anda telah  bertanya pada maskapai Anda terlebih dahulu.

 

  • Perlengkapan pengering
    Jika Anda mengunjungi suatu tempat tropis, Anda beruntung! Tapi tetap saja,  jangan lupa membawa perlengkapan yang membantu Anda mengeringkan alat bantu dengar dari kelembaban atau  A Dry Aid Kit. Alat ini berupa sebuah toples kecil yang dapat menyerap selurih kelelmbabab yang ada pada alat bantu dengar Anda sekaligus. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa menanyakan kepada audiologis Anda. Kelembaban pada alat bantu dengar bisa menyebabkan munculnya kotoran dan kotoran yang menumpuk pada mikrofon dan bagian lainnya akan membuat proses pembersihan menjadi sulit.

 

  • Perlengkapan pembersih
    Berbicara mengenai proses pembersihan, jangan sampai lupa dengan perlengkapan pembersih alat bantu dengar Anda! Sama seperti di rumah, Anda pasti ingin merawat alat bantu dengar dengan benar saat berlibur atau bepergian jauh dari rumah. Banyak orang lebih aktif dalam ketika sedang berpergian daripada saat di rumah dan alat bantu dengar Anda akan cenderung membutuhkan “kasih sayang” yang ekstra saat bepergian. \

 

  • Simpan nomor kontak pusat alat bantu dengar Anda
    Seringnya, alat bantu dengar yang bermasalah dapat diselesaikan melalui telepon. Maka jangan lupa untuk menyimpan nomor pusat alat bantu dengar yang Anda percayai jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah dengan alat bantu dengar Anda di tengah liburan Anda.

 

  • Selalu simpan alat bantu dengar Anda di kotaknya
    Cobalah untuk menghindari penyimpanan alat bantu dengar Anda di tempat lain kecuali di wadahnya sendiri. Sebagai contoh, alat bantu dengar yang disimpan di saku bisa saja berakhir di mesin cuci dan percayalah Anda tidak ingin hal itu terjadi.

Setelah semuanya siap, Anda pun bisa menikmati liburan dengan tenang dan nyaman tanpa khawatir. Ketika Anda sampai di rumah, Anda mungkin ingin mengunjungi pusat alat bantu dengar jika Anda memiliki masalah yang belum terselesaikan dari ketika Anda berpergian.

Klik di sini untuk mengunjungi Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di kota Anda

 

Please rate this

and share :