Gangguan Pendengaran

Fakta: Pria Dua Kali Lebih Mungkin Mengalami Gangguan Pendengaran dibandingkan Wanita

No ratings yet.

Tahukah Anda bahwa data yang didapatkan dari Survei Kesehatan dan Gizi Nasional Amerika baru-baru ini menemukan bahwa pria berusia antara 20 – 69 tahun memiliki prevalensi pendengaran hampir dua kali lipat dibandingkan wanita. Karena paparan kebisingan adalah penyebab utama kehilangan pendengaran, maka dapat dipahami bahwa perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan pekerjaan dan gaya hidup antara pria dan wanita. Pria lebih banyak memiliki pekerjaan di bidang konstruksi atau industri dengan peralatan keras yang menimbulkan kebisingan tinggi. Selain itu, pria juga cenderung untuk berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi yang melibatkan kebisingan tingkat  tinggi seperti berburu, menembak, off-road, atau di mana mereka menggunakan alat-alat listrik.

Paparan kebisingan karena menjadi anggota militer juga menjadi alasan lain mengapa pria lebih cenderung mengalami gangguan pendengaran daripada wanita. Hal ini dikarenakan pria yang memiliki karir militer lebih banyak jumlahnya dari pada wanita. Hal yang umum dalam lingkungan  militer adalah rentetan suara keras baik dari suara komando atasan maupun suara letusan tembakan, granat, mesin tank ketika berada di area penugasan.

Institut Kesehatan Nasional Amerika melaporkan bahwa prevalensi gangguan pendengaran dan tinnitus pada populasi militer lebih besar daripada di masyarakat umum. Hampir setiap tentara, pelaut seperti  awak kapal atau angkatan laut cenderung terkena tingkat kebisingan yang sangat berbahaya di beberapa titik dalam karir mereka. Dua masalah yang paling umum terjadi pada veteran di Amerika Serikat pada akhir tahun fiskal 2012 adalah  tinnitus dan gangguan pendengaran, dengan tinnitus yang mempengaruhi 115.638 veteran (9,7%) dan gangguan pendengaran yang mempengaruhi 69.326 veteran (5,8%).

Tips Melindungi Pendengaran Anda

Ada tindakan pencegahan yang dapat dilakukan oleh pria maupun wanita untuk mencegah gangguan pendengaran, baik ketika berada di tempat  kerja maupun di lingkungan biasa. Mulailah dengan memastikan bahwa Anda mengenali faktor-faktor yang berrisiko menyebabkan gangguan pendengaran dan hindarilah sejauh mungkin. Jika Anda sudah tahu bahwa mendengarkan musik menggunakan earphone lebih dari satu jam sehari dapat menyebabkan gangguan pendengaran, maka akan sangat bijaksana  jika Anda tidak melakukannya. Selain itu, jika memang Anda bekerja di tempat dengan kebisingann yang tinggi maka jangan pernah lupa untuk menggunakan pelindung suara atau earmuffs. Para pengusaha diwajibkan oleh undang-undang untuk memberikan perlindungan pendengaran bagi karyawannya di lingkungan kerja dengan intensitas suara lebih dari 85 dB. Hal tersebut sebagai tindakan pencegahan jika Anda terkena kebisingan dalam jumlah berlebihan di lingkungan kerja Anda maupun ketika Anda sedang bersenang-senang saat berburu maupun latihan menembak.

Periksakan Pendengaran Anda meskipun Anda merasa tidak ada yang salah dengan telinga Anda

Sering melakukan pemeriksaan terhadap telinga Anda dapat membantu Anda untuk mendeteksi gangguan pendengaran lebih dinil dan mengatasinya sebelum ia benar-benar merampas kemampuan Anda untuk mendengar dan menikmati semua suara dalam  kehidupan Anda.

Tes Pendengaran Anda hanya di Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di Kota Anda.

Please rate this

and share :