Kehilangan Pendengaran Seiring Bertambahnya Usia
Gangguan Pendengaran

Kehilangan Pendengaran Seiring Bertambahnya Usia

No ratings yet.

Kehilangan pendengaran terkait usia (presbycusis) merupakan gangguan pendengaran yang terjadi secara bertahap. Saat ini diperkirakan, sekitar satu dari tiga orang di Indonesia yang berusia antara 65 – 74 tahun mengalami gangguan pendengaran. Memiliki masalah pendengaran dapat membuat Anda sulit untuk memahami dan mengikuti sebuah percakapan, merespons tanda peringatan, dan mendengar telepon, bel pintu, maupun alarm kebakaran. Kehilangan pendengaran juga dapat membuat Anda sulit untuk menikmati percakapan dengan keluarga dan teman-teman, yang menyebabkan perasaan terisolasi.

Gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia paling sering terjadi pada kedua telinga dan mempengaruhi keduanya. Karena hal ini terjadi bertahap, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah kehilangan sebagian kemampuan mendengar sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Ada banyak penyebab gangguan pendengaran terkait usia. Paling umum karena adanya perubahan pada telinga bagian dalam seiring bertambahnya usia. Tetapi juga dapat terjadi akibat perubahan pada telinga tengah, atau dari perubahan kompleks sepanjang jalur saraf dari telinga ke otak. Kondisi medis dan obat-obatan tertentu juga dapat berperan sebagai penyebabnya.

Mengapa Kita Kehilangan Pendengaran Seiring Bertambahnya Usia?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran saat usia bertambah. Mungkin sulit untuk membedakan gangguan pendengaran terkait usia dari gangguan pendengaran yang dapat terjadi karena alasan lain, seperti paparan kebisingan dalam jangka panjang.

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap suara yang terlalu keras atau terlalu lama. Paparan bising semacam ini dapat merusak sel-sel rambut sensorik di telinga yang memungkinkan Anda untuk mendengar. Setelah sel-sel rambut ini rusak, mereka ia tidak akan tumbuh kembali sehingga kemampuan Anda untuk mendengar menjadi berkurang.

Kondisi yang lebih umum pada orang tua, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Obat-obatan yang beracun bagi sel-sel rambut di teling (misalnya, beberapa obat kemoterapi) juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Cara Mencegah Kehilangan Pendengaran Terkait Usia

Pada saat ini, para ilmuwan belum tahu bagaimana mencegah kehilangan pendengaran terkait usia. Namun, Anda dapat melindungi diri dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dengan melindungi telinga dari suara yang terlalu keras dan terlalu lama. Penting untuk mengetahui sumber potensial dari suara yang merusak, seperti musik keras, senjata api, mesin pemotong rumput, blower dan masih banyak lagi. Menghindari suara keras, mengurangi jumlah waktu Anda terpapar suara keras, dan melindungi telinga dengan penyumbat atau penutup telinga adalah hal-hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi pendengaran Anda.

Bantuan Untuk Mengatasi Kehilangan Pendengaran

Saat Anda mulai merasakan adanya tanda gejala atau kemungkinan Anda mengalami gangguan pendengaran, segeralah mencari bantuan untuk mengatasi masalah tersebut. Karena, semakin cepat masalah pendengaran diatasi, maka akan semakin mudah Anda dapat mendengar dengan baik kembali. Anda dapat membuat janji temu untuk melakukan pemeriksaan pendengaran disini atau hubungi 0800-100-2234 untuk menemukan pusat layanan pendengaran terbaik yang tersedia di kota tempat Anda tinggal.

Sumber : https://www.nidcd.nih.gov/health/age-related-hearing-loss

Please rate this

and share :