Tips Berlibur Bagi Pengguna Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Tips Berlibur Bagi Pengguna Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Alat bantu dengar merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi penggunanya saat bepergian untuk bersenang-senang maupun saat bekerja. Alat ini akan menerjemahkan suara-suara di sekitar menjadi sebuah informasi penting. Agar liburan Anda tetap menyenangkan dan tidak terganggu dengan masalah pendengaran, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat untuk memastikan Anda selalu mendapatkan penggunaan terbaik dari alat bantu dengar yang Anda miliki.

Tips Berlibur Bagi Pengguna Alat Bantu Dengar

Selalu bawa baterai ekstra

Ketika bepergian terutama di luar ruang terbuka, Anda tidak akan mengetahui kapan akan menemukan tempat untuk membeli baterai alat bantu dengar. Membawa baterai cadangan adalah sebuah solusi praktis, agar liburan Anda tetap menyenangkan dan tidak ada suara indah yang terlewat dari pendengaran.

Bawa alat pengering terutama jika Anda bepergian di dekat air (pantai, laut, danau, dll)

Ketika tempat-tempat yang basah dan cenderung lembab menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang akan Anda datangi, maka Anda bisa mengantisipasi hal tersebut dengan membawa alat pengering. Hal ini untuk mengantisipasi menurunnya performa alat bantu dengar akibat tingkat kelembapan yang berlebihan.

Bawalah semua persediaan alat bantu dengar (baterai, charger, dll) bersama Anda

Mendengar adalah kebutuhan sepanjang waktu yang tidak dapat dihindari manusia dalam kondisi apapun. Bawalah semua perlengkapan kebutuhan alat bantu dengar selama perjalanan dalam satu tas khusus. Hal ini akan menghilangkan kemungkinan alat tersebut terselip saat proses mendengar sangat dibutuhkan dimanapun dan kapanpun. 

Menyiapkan tempat atau tas khusus akan membantu Anda untuk mudah menemukannya ketika alat tersebut dibutuhkan. Karena aksesori alat bantu dengar tersebut sebagian berukuran kecil, tentunya Anda harus memiliki tempat penyimpanan yang baik. Membuat perlengkapan lebih terorganisir dan terlihat sehingga mudah untuk dijangkau saat Anda butuh waktu cepat untuk menggunakannya.

Hal Yang Tidak Perlu Dilakukan

  • Meninggalkan alat bantu dengar Anda di rumah karena khawatir tentang betapa sulitnya jika harus membawa alat tersebut. Faktanya, Semakin sering Anda memakai alat bantu dengar, semakin baik pendengaran. Karena Anda akan semakin terbiasa menggunakannya dan semakin banyak dapat menangkap suara di sekitar.
  • Mematikan alat bantu dengar atau fitur nirkabel di pesawat. Faktanya, FAA mengecualikan perangkat seperti alat bantu dengar dan alat pacu jantung karena mereka tidak memancarkan sinyal yang dapat mengganggu kontrol pesawat.
  • Melupakan aksesori alat bantu dengar Anda, seperti mikrofon jarak jauh dll. Faktanya, aksesoris akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan dan melengkapi fungsi alat pendengaran yang Anda miliki sampai tingkat maksimal.
  • Merahasiakan gangguan pendengaran Anda. Faktanya, semakin banyak orang yang mengetahui tentang gangguan pendengaran yang Anda miliki, maka akan semakin banyak kemudahan yang bisa Anda dapat untuk bisa mendengarkan lebih baik. Biarkan pramugari dan teman perjalanan tahu bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran. Sehingga mereka dapat menyesuaikan bentuk informasi yang akan disampaikan pada Anda. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Masih ingin tahu tentang tips lainnya, atau ingin memperoleh informasi tentang alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan Anda? hubungi ahli kesehatan pendengaran ABDI di sini atau hubungi 0800-100-2234. Kami dapat membantu Anda menemukan layanan seputar pendengaran dan alat bantu dengar di daerah terdekat  di wilayah Anda tinggal.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2018/12/Dos-donts-traveling-with-hearing-aids

Please rate this

and share :