Sensitif Terhadap Suara, Apakah Gangguan Pendengaran?
Gangguan Pendengaran

Sensitif Terhadap Suara, Apakah Gangguan Pendengaran?

No ratings yet.

Beberapa orang merasa sensitivitas mereka terhadap beberapa suara terlalu tinggi. Apakah itu sebuah gangguan pendengaran? Pertanyaan umum yang sering kami dapatkan dari pembaca kira-kira seperti ini:

Meskipun saya tidak dapat mendengar dengan baik, kadang-kadang saya merasa terganggu oleh suara yang lebih keras. Mereka lebih menjengkelkan dan bahkan menyakitkan daripada sebelumnya. Apa yang sedang terjadi?

Peristiwa aneh ini  kedengarannya tidak biasa. Spesialis pendengaran bahkan memiliki istilah untuk fenomena ini, yang dikenal dengan nama recruitment . 

Mengapa Beberapa Suara Terasa Sakit 

Ketika sel-sel rambut rapuh di telinga bagian dalam kita mulai menurun, mereka tidak lagi dapat bereaksi terhadap gelombang suara secara normal. Seperti halnya dengan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia dan jenis lain dari gangguan pendengaran sensorineural. Inilah yang menyebabkan gangguan pendengaran.

Namun, sel-sel kita tidak terdegradasi secara merata. Beberapa sel rambut tetap berfungsi dengan sempurna dan masih dapat mendeteksi gelombang suara. Begitu volumenya menjadi cukup keras, sel-sel sehat inilah yang tiba-tiba “direkrut” menggantikan sel-sel yang sekarat dan merespons dengan cepat dan kuat.  Kemudian hal inilah yang bisa menghasilkan suara yang sebenarnya terasa menyakitkan dan tidak nyaman. 

Pengalaman umum : Seseorang dengan gangguan pendengaran tidak menanggapi orang lain yang berusaha mendapatkan perhatian mereka saat berbicara di tingkat normal atau rendah. Ketika orang itu berbicara semakin keras dalam upaya untuk mendapatkan perhatian, orang dengan gangguan pendengaran tiba-tiba mendengar mereka. Kemudian bereaksi dengan seolah-olah mereka kesakitan. Seperti menutupi telinga atau merespons dengan “jangan berteriak!”

Serupa Dengan Hyperacusis Tetapi Tidak Sama

Fenomena serupa juga dialami oleh penderita gangguan hyperacusis, atau kepekaan yang tinggi terhadap suara. Namun, tidak seperti recruitment, hyperacusis tidak terhubung dengan gangguan pendengaran sensorineural dan disebabkan oleh sesuatu yang lain. Misalnya, Anak-anak dengan autisme dan gangguan pemrosesan pendengaran mungkin sangat sensitif terhadap suara-suara tertentu.

Mengatasi Gangguan Pendengaran dan Recruitment

Recruiment bukanlah sesuatu yang harus Anda derita, penyakit ini bisa diobati. Namun, hanya penyedia perawatan pendengaran yang memenuhi syarat yang dapat mendiagnosis apa yang sebenarnya menyebabkan seseorang menjadi terlalu sensitif terhadap suara, melalui pengujian khusus. 

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dengan recruitment, sepasang alat bantu dengar berkualitas tinggi  dapat diatur untuk mengompres suara dalam kisaran tertentu yang cenderung mengganggu Anda. Kuncinya adalah memiliki penyedia perawatan pendengaran yang tahu cara mengenali recruitment. Serta mampu memprogram alat bantu dengar Anda dengan tepat.

Ingatlah bahwa recruitment adalah sesuatu yang dapat berkembang seiring waktu. Anda mungkin mulai memperhatikan sensitivitas suara yang tidak biasa bahkan setelah Anda memakai alat bantu dengar, misalnya. Dalam hal ini, penting untuk memberi tahu penyedia layanan pendengaran Anda (audiolog atau spesialis alat bantu dengar) bahwa Anda menemukan beberapa suara yang sangat menyakitkan. Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa orang merasa masalahnya dapat teratasi dengan terapi untuk tinnitus. 

Jika Anda Membutuhkan Bantuan Untuk Gangguan Pendengaran

Jika Anda benar-benar berjuang dengan sensifitas suara (recruitment), yang terbaik adalah mencari audiolog yang berspesialisasi dalam kasus-kasus kompleks. Dalam beberapa kasus, orang-orang yang berjuang dalam kisaran volume yang sama dengan suara bicara, dan situasi yang membutuhkan perawatan ahli. 

Jika Anda telah hidup dengan masalah pendengaran dan sensitivitas suara selama bertahun-tahun, jangan menunggu lebih lama. Masalah pada pendengaran yang tidak diobati meningkatkan risiko isolasi sosial dan terkait dengan depresi dan penurunan kognitif. Alat bantu dengar dapat mengembalikan kualitas hidup Anda dengan cara yang mungkin tidak Anda sadari. Jika Anda siap mendapatkan bantuan untuk gangguan pendengaran, website kami dapat Anda kunjungi sebagai penyedia layanan bantuan profesional perawatan pendengaran dan alat bantu dengar sekaligus menemukan penyedia layanan pendengaran di dekat Anda .

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/53021-I-have-hearing-loss-why-am-i-so-sensitive-to-loud-sounds

Please rate this

and share :