Pertimbangan dalam Memilih Alat Bantu Dengar Invisible In Canal (IIC)
Solusi Masalah Pendengaran

Pertimbangan dalam Memilih Alat Bantu Dengar Invisible In Canal (IIC)

No ratings yet.

Alat bantu dengar Invisible-In-Canal atau yang biasa disebut IIC ini sebenarnya sangat mirip dengan alat bantu dengar Complete-In-Canal (CIC). Namun, karena didesain sebagai alat bantu dengar yang tidak terlihat maka bentuk IIC ini lebih kecil jika dibandingkan dengan CIC dan letaknya pun juga lebih jauh di dalam saluran telinga sehingga benar-benar tidak terlihat meskipun seseorang mencoba untuk melihat ke dalam telinga penggunanya. Itu berarti orang lain baru akan mengetahui Anda menggunakan sebuah alat bantu dengar jika Anda memberitahunya.  Berdasarkan penelitian terbaru, 40% orang dengan gangguan pendengaran lebih memilih untuk menggunakan alat bantu dengar yang tidak terlihat sepenuhnya. Maka dari itu, alat bantu dengar tipe Invisible-In-Canal ini didesain untuk mereka. Proses pemasangan dan pelepasan alat ini juga sama seperti tipe CIC yakni menggunakan antena kecil sebagai pegangan ketika menarik keluar atau memasukkannya ke dalam telinga.

Ukuran alat bantu dengar yang sekecil itu dapat sepenuhnya berada di dalam saluran telinga. Pengguna juga harus memahami bahwa alat bantu dengar ini tentu membutuhkan ukuran baterai yang juga lebih kecil. Jika ukuran baterainya kecil, maka jangka waktu ketahanan atau daya baterai pun juga terbatas, sehingga intensitas penggantian baterai pun menjadi lebih tinggi. Ukurannya yang kecil pun membuat tipe ini tidak memiliki banyak fitur, sehingga tipe IIC ini hanya cocok untuk mereka yang memiliki gangguan dengar dengan tingkatan rendah sampai sedang. Meskipun demikian, jika prioritas Anda dalam menggunakan alat bantu dengar adalah kenyamanan agar tidak terlihat oleh orang lain, maka alat bantu dengar tipe IIC ini adalah pilihan yang tepat.

Sebagaimana tipe alat bantu dengar lainnya, tipe IIC juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Informasi di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang tipe IIC. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan alat bantu dengar tipe IIC.

Kelebihan tipe IIC

  1.      Invisible / Tidak terlihat

Seperti namanya, alasan diciptakannya IIC adalah karena banyak penderita gangguan pendengaran yang lebih memilih untuk menggunakan alat bantu dengar yang tidak terlihat. Letaknya yang benar-benar di dalam saluran telinga membuat alat ini benar-benar tidak terlihat oleh orang lain kecuali Anda memberi tahunya bahwa Anda menggunakan sebuah alat bantu dengar.

  1.      Suara yang alami

Letaknya yang benar-benar di saluran telinga membuat receiver IIC dapat langsung terhubung ke gendang telinga. Dengan demikian, sel rambut halus yang terdapat di dalam telinga dapat mengirimkan gelombang suara tersebut ke saraf pendengaran secara langsung. Hal inilah yang membuat suara yang masuk terdengar jauh lebih alami.

  1.      Nyaman dipakai

Karena tipe IIC ini dibuat secara custom atau disesuaikan dengan ukuran liang telinga penggunanya, maka ketika digunakan akan terasa lebih pas dan nyaman. Bahkan, banyak pengguna yang mengatakan bahwa mereka sering merasa seperti tidak sedang menggunakan alat bantu dengar.

  1.      Tidak menarik perhatian

Anda tidak perlu repot-repot untuk melepas-pasang ketika Anda ingin menyesuaikan pengaturan suara pada kondisi tertentu apalagi ketika tengah berada pada suatu acara yang dihadiri cukup banyak orang. Karena pengaturan alat bantu dengar ini biasanya sudah disesuaikan melalui sebuah software di komputer.

Kekurangan tipe IIC

  1.      Tidak bisa Binaural

Karena posisinya yang terletak sepenuhnya di dalam saluran telinga, maka tidak ada pilihan untuk menghubungkan  antara dua alat bantu dengar IIC yg digunakan. Ini berarti, jika Anda menggunakan dua tipe IIC untuk masing-masing telinga, maka keduanya hanya dapat disesuaikan secara terpisah.

  1.      Memerlukan tingkat ketangkasan yang tinggi

Meskipun sudah menggunakan antena yang memudahkan proses pemasangan dan pelepasan alat, ternyata ketangkasan  juga masih diperlukan untuk melakukannya. Mungkin hal ini sebenarnya tidak begitu menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna, namun hal ini terbukti cukup menyulitkan bagi mereka yang memiliki gangguan motorik.

  1.      Tidak cocok untuk anak-anak

Tipe IIC tidak akan cocok jika digunakan oleh mereka yang memiliki saluran telinga yang cukup kecil atau ukuran saluran telinga yang tidak biasa. Maka dari itu, IIC ini tidak disarankan penggunaannya untuk anak-anak karena bentuk saluran telinga mereka yang kecil dan masih terus berubah.

  1.      Harganya mahal

Dibandingkan dengan tipe alat bantu dengar lain yang letak pemakainnya di telinga luar, IIC adalah alat bantu dengar dengan harga yang paling mahal yang ada di pasaran. Meskipun demikian, beberapa pengguna merasa bahwa harga yang mahal tersebut patut diusahakan untuk memiliki alat bantu dengar yang sama sekali tidak terlihat.

Untuk mengetahui lebih detail tentang alat bantu dengar IIC, Anda bisa melihatnya di sini

Please rate this

and share :