Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Saat Anda memutuskan untuk membeli alat bantu dengar, akan ada begitu banyaknya pilihan teknologi alat bantu dengar. Disertai dengan berbagai fitur dan gaya penggunaan dari berbagai macam produsen dan nama produk. 

Sebelum Membeli Alat Bantu Dengar

Berikut adalah lima hal yang pasti ingin Anda tanyakan kepada profesional pendengaran saat memutuskan untuk memiliki alat tersebut.

Pilihan Mikrofon

Alat bantu dengar harus memiliki sistem mikrofon directional. Directionality adalah kemampuan alat bantu dengar untuk memfokuskan secara digital pada sumber suara tertentu di sekitar Anda (biasanya lawan bicara). Hal ini adalah satu-satunya cara yang terbukti dapat meningkatkan pemahaman Anda mengenai percakapan yang berlangsung pada situasi bising. Secara sederhana, sistem mikrofon directional yang baik akan membantu Anda mendengar lebih jelas dan jernih.

Ada banyak jenis sistem mikrofon directional, yaitu adaptif, statis dan dinamis. Sistem directionality adaptif mengidentifikasi orang-orang yang berbicara di sekitar dan tetap fokus dimanapun suara berasal. Directional statis biasanya hanya fokus pada area tertentu (biasanya hanya mengidentifikasi suara yang berada tepat di depan Anda) dan tetap fokus di sana. Sistem directional dinamis secara otomatis berubah antara mendengarkan semua di sekitar Anda ke arah yang tetap. Selama uji coba, pastikan untuk mendengarkan bagaimana alat bantu dengar mendeteksi suara dan tanyakan bagaimana pengaturan alat tersebut untuk memaksimalkan manfaatnya.

Pengurang Kebisingan (Noise Reduction)

Kebanyakan alat bantu dengar modern memiliki beberapa jenis algoritma pengurangan kebisingan yang dibangun didalamnya. Algoritma terbaik mampu membedakan suara latar dari suara utama. Hal ini memungkinkan alat bantu dengar untuk mengurangi volume suara yang masuk dan memunculkan suara percakapan yang masuk – secara cepat.

Pilihan Model Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar datang dalam berbagai bentuk dan model. Beberapa alat cukup diletakkan di belakang telinga dan memiliki speaker di liang telinga (RIC). Beberapa lainnya diletakkan ke belakang telinga dan mengirimkan suara ke telinga dengan tabung kecil (BTE). Ada pula yang dibuat khusus agar pas di telinga Anda (IIC / CIC / ITE). Jenis alat bantu dengar yang tepat untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk kenyamanan, tingkat gangguan pendengaran, aktivitas, dan selera pribadi.

Konektivitas

Kita hidup di dunia yang terhubung. Televisi, komputer dan telepon seluler menjadi semakin canggih dan terjalin. Beberapa alat bantu dengar digital saat ini memiliki kemampuan untuk terhubung langsung ke perangkat sehari-hari ini menggunakan Bluetooth ™ atau teknologi streaming lainnya. Anda bahkan dapat menyesuaikan beberapa alat bantu dengar menggunakan smartphone Anda (ubah volume dan pengaturan, dll). Sehingga Anda tidak perlu menyentuh alat bantu dengar untuk melakukannya.

Umpan Balik (Feedback Control)

Secara historis, bahkan orang-orang dengan gangguan pendengaran ringan mengalami kesulitan dengan fenomena yang disebut umpan balik (feedback). Apa itu umpan balik (feedback)?. Pikirkan tentang apa yang terjadi ketika Anda memegang mikrofon terlalu dekat dengan pembicara dan Anda mendapatkan jeritan nyaring. Itu adalah umpan balik (feedback)! Semua alat bantu dengar modern memiliki kontrol umpan balik – tetapi beberapa jauh lebih baik daripada yang lain. Carilah alat bantu dengar digital yang memiliki kontrol umpan balik (feedback) yang bagus. Karena akan membuat alat bantu dengar Anda lebih nyaman dipakai dan kurang terlihat oleh orang-orang di sekitar Anda.

Untuk membeli alat bantu dengar dan menemukan profesional pendengaran berlisensi di dekat Anda, Anda bisa terhubung dengan ABDI dengan klik di sini, atau Anda bisa menghubungi kami di no 0800-100-2234 untuk mendapatkan jadwal konsultasi dan pemeriksaan secara cepat dan mudah.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2016/08/5-things-when-buying-hearing-aids

Please rate this

and share :