Penyebab Alat Bantu Dengar Tidak Berfungsi
Alat Bantu Dengar

Penyebab Alat Bantu Dengar Tidak Berfungsi

No ratings yet.

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik yang rumit; yang hampir sama dengan sistem komputer. Seperti halnya komputer, terkadang alat bantu dengar juga mengalami masalah. Lantas apa saja masalah yang biasanya timbul dari alat bantu dengar? Apakah masalah itu hanya timbul melalui alat tersebut atau ada hal lainnya? Mari kita lihat beberapa alasan paling umum di bawah ini.

Gangguan Pendengaran Anda Telah Berubah

Adakalanya pasien mengeluhkan bahwa alat pendengaran mereka “tidak berfungsi”. Namun pada kenyataannya ahli pendengaran menemukan bahwa si pengguna tersebut ternyata tidak melakukan tes pendengaran selama bertahun-tahun. Sehingga mereka tidak mengetahui jika gangguan pendengarannya menjadi lebih buruk. Itulah mengapa alat yang mereka gunakan tidak lagi memberikan volume yang cukup untuk membuat suara terdengar di telinga mereka.

Hal diatas cukup mudah untuk diatasi. Hanya diperlukan pemrograman ulang alat bantu dengar untuk tingkat gangguan pendengarannya yang baru. Karena itu sangat disarankan, terutama jika sudah lebih dari lima tahun, untuk melakukan pengaturan ulang pada alat tersebut. Tetaplah berkomunikasi dengan audiolog Anda dan lakukan pemeriksaan pendengaran setiap tahun (atau lebih cepat jika Anda menduga ada perubahan). Dengan cara ini, ABD Anda dapat disesuaikan dengan perubahan yang mungkin ada pada pendengaran Anda. Sehingga membuat Anda dapat mendengar dengan baik.

Baca juga : Rehabilitasi Pendengaran Setelah Menggunakan Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar Tidak Dirawat dengan Benar

ABD memiliki bentuk sangat kecil. Sedikit kotoran telinga atau debu dapat menyumbat dan mengurangi kinerja alat itu sendiri. Menjaga alat bantu dengar tetap bersih, mengganti pelindung dari kotoran, tidak memakainya saat menggunakan hairspray, dan menggunakan pengering alat bantu dengar saat tidak digunakan dalah beberapa cara agar alat pendengaran Anda bekerja dengan optimal.

Jika Anda tidak bisa membersihkan ABD dengan baik, sebagian besar audiolog dapat membantu. Buatlah jadwal pemeriksaan secara rutin maka audiolog Anda akan dengan senang hati mengajarkan Anda, anggota keluarga atau orang terdekat Anda untuk memahami bagaimana menjaga ABD tetap dapat berfungsi dengan baik, termasuk cara membersihkannya.

Ada Perubahan di Saluran Telinga

Bentuk saluran telinga dapat berubah ketika seseorang mengalami pertambahan atau penurunan berat badan, bertambah tua, atau melakukan jenis operasi plastik wajah tertentu. Dalam beberapa kasus, perubahan tersebut cukup untuk menyebabkan kebocoran celah dan memungkinkan udara mengalir di sekitar alat pendengaran. Hal ini menyebabkan feedback atau suara ‘ngiing’ pada alat bantu dengar. Kotoran yang berlebihan di saluran telinga juga dapat menyebabkan feedback. Masalah ini dapat diatasi dengan menghilangkan kotoran telinga yang berlebihan oleh dokter spesialis telinga.

Anda Membutuhkan Lebih Dari Sekadar Alat Bantu Dengar

Bagi sebagian orang, gangguan pendengaran menyebabkan banyak distorsi, dan mereka membutuhkan rehabilitasi pendengaran untuk melatih otak dalam memahami suara kembali. Mungkin terdapat gangguan pemrosesan pendengaran, terutama jika ada riwayat stroke atau cedera/ trauma pada otak. Audiolog dan ahli terapi wicara dapat memberikan rehabilitasi pendengaran setelah Anda menggunakan ABD. Perangkat lain, seperti sistem FM akan sangat berguna bagi orang yang memiliki banyak kesulitan mendengar dalam kebisingan latar belakang.

Pengaturannya Tidak Sesuai

Verifikasi adalah bagian penting dari pemasangan alat pendengaran. Jika suara tidak terdengar atau terlalu keras, dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan pendengaran penggunanya. Verifikasi telinga yang nyata memungkinkan audiolog untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang apa yang dilakukan alat bantu dengar dan memastikan bahwa alat bantu dengar Anda telah disesuaikan sebagaimana mestinya.

Mengenakan alat pendengaran dapat membuat peningkatan besar dalam kualitas hidup bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran dan orang-orang di sekitar mereka. Meluangkan waktu untuk mengunjungi audiolog Anda, mendiskusikan masalah yang muncul, dan mendapatkan tindak lanjut secara teratur untuk mempertahankan alat bantu dengar dan memantau pendengaran adalah kunci penting untuk sukses.

https://www.verywellhealth.com/when-hearing-aids-dont-work-1048875

Please rate this

and share :