Solusi Masalah Pendengaran

Model Alat Bantu Dengar yang Anda Perlu Tahu

No ratings yet.

Terdapat berbagai macam faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan pendengaran. Faktor usia dan paparan suara keras adalah penyebab utama terganggunya pendengaran seseorang. Hal yang disayangkan adalah gangguan pendengaran tidak dapat disembuhkan atau dihindari pada keadaan tertentu. Akan tetapi, kabar baiknya adalah terdapat beberapa solusi yang tersedia untuk membantu seseorang dengan gangguan pendengaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan alat bantu dengar.

Alat bantu dengar merupakan suatu perangkat akustik yang digunakan di dalam atau di belakang telinga seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Cara kerja alat bantu dengar adalah dengan memperkuat atau memperbesar suara di sekitar sehingga membantu penggunanya untuk mendengar dengan lebih jelas. Perlu diketahui bahwa alat bantu dengar tidak bisa menyembuhkan gangguan pendengaran yang diderita oleh seseorang. Namun tetap saja, alat ini akan sangat membantu bagi seseorang yang menderita gangguan pendengaran. Dengan alat ini, mereka dapat kembali berkomunikasi dengan baik, mengurangi stres akibat kesulitan dalam mendengar, dan yang paling penting adalah penderita gangguan pendengaran mampu tetap hidup produktif layaknya orang dengan pendengaran normal. Alat bantu dengar sudah sangat banyak membantu para penderita gangguan pendengaran di seluruh dunia. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kita salah dalam memilih dan menentukan alat bantu dengar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pendengaran. Berikut ini adalah model alat bantu dengar yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan gangguan pendengaran.

  1. In The Ear (ITE)

Sesuai dengan namanya, alat bantu dengar ITE terletak di dalam telinga. Letaknya yang ada di dalam telinga membuat alat bantu dengar model ini cukup nyaman untuk digunakan karena tidak tampak dari luar. Selain itu, didalam alat bantu dengar ITE juga terdapat telecoil berupa kumparan magnet kecil yang akan sangat membantu ketika penggunanya sedang melakukan panggilan telepon. Mereka yang menggunakan alat bantu dengar ITE adalah penderita dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Kelebihan dari alat ini terletak pada ukurannya yang kecil. Untuk kekurangannya, tentu saja dengan ukuran yang nyaman seperti itu maka harga yang ditawarkan pun relatif lebih mahal dan tidak disarankan untuk digunakan oleh anak-anak.

  1. Behind The Ear (BTE)

Alat bantu dengar ini dipakai pada bagian belakang telinga dan dihubungkan dengan sebuah cetakan telinga (earmold) yang terpasang di telinga luar. Suara atau bunyi yang ada di sekitarnya akan disalurkan melalui earmold untuk diteruskan ke dalam telinga. Tipe BTE ini adalah alat bantu dengar yang paling banyak digunakan karena sesuai untuk segala usia –baik dengan derajat gangguan pendengaran ringan, sedang, maupun berat. Apalagi saat ini sudah tersedia mini BTE dengan ukuran yang lebih kecil sehingga memberikan kenyamanan yang lebih saat digunakan. Model alat bantu dengar BTE juga sangat bervariasi. Ukuran, bentuk, dan warnanya bisa dibuat sesuai permintaan. Selain itu alat bantu dengar BTE juga sangat mudah untuk didapatkan. Alat bantu dengar BTE juga memiliki beberapa kelemahan seperti menimbulkan distorsi atau feedback saat menelepon akibat sinyal yang ada dan mudah lepas atau jatuh saat digunakan ketika melompat atau berlari.

  1. In The Canal (ITC)

Tipe ITC ini berbentuk lebih kecil dari tipe ITE. ITC ini dipakai di dalam saluran telinga. Untuk model ITC, casing alat ini dibuat sesuai dengan ukuran dan bentuk liang telinga pengguna. Itulah mengapa ukurannya pun relatif lebih kecil. Bentuknya yang kecil membuat alat ini hampir tidak terlihat dari jauh karena letaknya yang berada di mulut lubang telinga dan warna yang menyerupai kulit. Tipe ITC ini hanya dapat digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang dan tidak disarankan penggunaannya untuk anak-anak karena liang telinga anak masih terus mengalami perkembangan.

  1. Completely In Canal (CIC)

Sesuai dengan namanya, alat bantu dengar tipe ini benar-benar terletak di bagian dalam saluran telinga sehingga sama sekali tidak terlihat dari luar. Karena berada di dalam liang telinga, maka bentu tipe CIC pun juga lebih kecil dari pada tipe ITC. Mungkin Anda penasaran bagaimana memasang dan melepas tipe CIC dengan bentuk yang sekecil itu. Untuk itulah, poada tipe CIC ini terdapat tangkai kecil seperti antena yang berfungsi untuk memudahkan pemasangan dan pelepasannya. Dengan keunggulan seperti di atas, maka bisa diperkirakan bahwa harga alat bantu dengar unutk tipe CIC ini lebih mahal dari pada tipe-tipe lainnya. Meskipun demikian, kotoran telinga dan kelembaban juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada alat. Padahal, biaya perbaikan yang dikeluarkan bisa hampir sama dengan harga pembelian baru. Mereka yang menggunakan alat bantu dengar tipe CIC adalah penderita dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

  1. Receiver/Speaker In The Ear (RITE) atau Receiver/Speaker In Canal (RIC)

Sekilas, bentuk RITE / RIC ini hampir sama dengan tipe BTE. Jika receiver/speaker pad tipe BTE berbentuk tabung, tipe RITE/RIC hanya menggunakan kabel yang cukup tipis yang berguna untuk menguarangi distorsi. Jadi pada tipe ini, speaker/receiver terletak di dalam telinga atau di dalam saluran telinga yang selanjutnya dihubungkan oleh kabel kecil tersebut ke mesin alat bantu dengar yang terletak di belakang telinga. Dibandingkan dengan BTE, tipe ini lebih tidak terlihat ketika digunakan. Tipe RITE/RIC ini adalah solusi bagi penderita gangguan pendengaran dengan tingkatan ringan hingga sedang.

Temukan berbagai model alat bantu dengar berkualitas di sini

 

Please rate this

and share :