Memahami Hubungan Antara Osteoporosis dan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Memahami Hubungan Antara Osteoporosis dan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Memahami gangguan pendengaran sering berarti melihat hubungan antara tantangan pendengaran dan masalah kesehatan lainnya. Penelitian kontemporer menunjukkan hubungan yang sebelumnya diabaikan antara gangguan pendengaran dan kondisi kesehatan kronis lainnya. Salah satu contoh dari pengetahuan baru ini adalah penelitian medis skala besar baru-baru ini dari Korea dan Taiwan yang telah menemukan hubungan yang signifikan antara osteoporosis dan timbulnya gangguan pendengaran sensorineural yang tiba-tiba.

Apa Itu Osteoporosis?

Osteoporosis adalah penyakit di mana massa tulang berkurang dan kekuatan tulang melemah. Ini terkait dengan penuaan dan dapat menyebabkan patah tulang yang tidak terduga. Ketika massa tulang turun, tulang memiliki integritas struktural yang lebih sedikit dan dapat patah jauh lebih mudah. Ciri osteoporosis adalah kerapuhan tulang dan sampai patah tulang terjadi, osteoporosis sering tidak terdiagnosis.

Karena osteoporosis dapat menyebabkan patah tulang – terutama di pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang – ini juga berhubungan dengan nyeri kronis. Beberapa orang dengan osteoporosis mengembangkan punggung bungkuk yang disebabkan oleh fraktur kompresi pada tulang belakang. Risiko osteoporosis setidaknya 4 kali lebih besar untuk wanita daripada pria, dengan wanita Asia dan Kaukasia yang lebih tua menjalankan risiko tertinggi terkena penyakit ini. Faktor risiko lain termasuk kekurangan gizi atau kekurangan berat badan, gaya hidup yang menetap dan kadar vitamin D yang rendah. Olahraga teratur dan nutrisi yang tepat biasanya dipandang sebagai tindakan pencegahan terbaik untuk melawan osteoporosis.

Apa itu Gangguan Pendengaran Sensorineural Mendadak?

Gangguan pendengaran sensorineural mendadak, juga dikenal sebagai Sudden Sensory Neural Hearing Loss (SSNHL), adalah onset cepat gangguan pendengaran, secara teknis didefinisikan sebagai hilangnya 30 desibel sensitivitas pendengaran dalam rentang tiga hari atau kurang. Mereka yang mengalami SSNHL melihat perubahan dramatis pada pendengaran mereka dan kadang-kadang bunyi “popping” sebelum pendengaran keluar. Perubahan pendengaran cepat yang disebabkan oleh SSNHL sering disertai dengan tinitus dan vertigo.

SSNHL paling sering mempengaruhi telinga tunggal daripada kedua telinga secara bersamaan. Ini juga lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. Orang-orang berusia lima puluhan lebih dari tiga kali lebih mungkin mengalami SSNHL daripada orang-orang di usia dua puluhan. Tidak seperti gangguan pendengaran terkait kebisingan bertahap, adalah mungkin bagi orang-orang dengan SSNHL untuk sepenuhnya memulihkan pendengaran mereka. Kemungkinan pemulihan pendengaran memihak orang yang lebih muda yang mengalami SSNHL dan biasanya terjadi dalam periode dua minggu dari saat onset.

Kesehatan Pendengaran Anda

Perubahan pendengaran Anda yang mendadak adalah masalah serius. Gangguan pendengaran sensorineural mendadak jarang terjadi, tetapi tentu saja tidak boleh diabaikan. Mengunjungi spesialis pendengaran pada permulaan SSNHL dapat memberi Anda akses ke perawatan medis yang mendukung pemulihan pendengaran. Selain itu, spesialis pendengaran dapat membantu mengobati gangguan pendengaran permanen. Mengelola gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar dan alat bantu membantu mengurangi stres yang menyebabkan gangguan pendengaran dan meningkatkan kualitas hidup.

Tetap di atas kesehatan pendengaran Anda adalah penting, itu sebabnya Kesehatan Pendengaran mengkhususkan diri dalam perawatan pendengaran yang komprehensif. Dari pengujian hingga analisis hingga solusi dan dukungan, Kesehatan Pendengaran menempatkan kebutuhan Anda di pusat perawatan Anda. Kami memperhitungkan kondisi terkait dan faktor gaya hidup ketika membuat rencana untuk mengelola masalah pendengaran secara menyeluruh dan efektif. Ketika Anda memiliki masalah pendengaran, hubungi kami di sini.

Sumber : https://www.yourhearinghealth.com/blog/osteoporosis-and-sudden-hearing-loss/

Please rate this

and share :