Kotoran Telinga Bisa Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Kotoran Telinga Bisa Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran. Seperti paparan kebisingan, penuaan, obat-obatan tertentu dan kotoran telinga yang terlalu banyak. Namun kotoran telinga itu sendiri cukup jarang menjadi satu-satunya penyebab gangguan pendengaran seseorang. Faktanya, sangat sedikit orang yang memeriksakan diri ke profesional kesehatan pendengaran karena mengalami masalah impaksi serumen atau yang disebut juga sebagai kotoran telinga yang berlebihan.

Penyumbatan total kotoran telinga jarang terjadi 

Gelombang suara hanya membutuhkan lubang kecil di saluran telinga untuk mencapai gendang telinga. Jadi, meskipun banyak kotoran di saluran telinga, ini seharusnya tidak menyebabkan gangguan pendengaran yang nyata.

Namun, jika saluran telinga tersumbat dengan kotoran telinga, dan serumen impaksi cukup parah untuk menyebabkan gangguan pendengaran, kemungkinan besar akan ada tanda dan gejala lain yang terlihat sebelum terjadinya gangguan pendengaran. Seperti pusing, telinga penuh (perasaan tersumbat). telinga gatal atau nyeri dan telinga berdenging.

Kenapa Penyumbatan Total Kotoran Telinga jarang Terjadi?

Alasan utama mengapa tidak terlalu sering terjadi penyumbatan total kototan telinga adalah karena telinga kita mampu membersihkan dirinya sendiri. Kemampuan ini mencegah kotoran telinga menumpuk hingga tersumbat total.

Namun, tentu saja, ada hal-hal yang dapat menyebabkan penyumbatan kotoran telinga. Diantaranya seperti penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga, usia lanjut, saluran telinga yang sempit atau berbentuk tidak normal, atau menggunakan metode yang salah untuk membersihkan telinga. 

Minta ahli pendengaran untuk membersihkan kotoran telinga yang berlebihan

Jika Anda melihat salah satu tanda bahwa “ada sesuatu yang salah” dengan telinga Anda. Atau mungkin Anda merasa memiliki terlalu banyak kotoran di telinga, maka melakukan pemeriksaan ke profesional kesehatan pendengaran sangat dianjurkan. Sebagian besar rumah sakit, puskesmas maupun klinik dokter kesehatan telinga dan pendengaran dapat melakukan pengangkatan serumen. Banyak dokter juga dapat menghilangkan kotoran telinga yang berlebihan. Ingat jangan menempelkan apapun di telinga Anda.

Namun, jika setelah kotoran telinga Anda telah dibersihkan dan tetap ada masalah pendengaran yang Anda rasakan, maka dokter atau profesional kesehatan pendengaran lain dapat membantu Anda mencari tahu apa yang menyebabkan masalah pendengaran Anda. Dan tentunya membantu Anda untuk mengatasinya.

Tidak tahu dimana harus menemukan profesional kesehatan pendengaran yang ada di dekat Anda? Cukup hubungi 0800-100-2234 atau klik di sini, dan kami akan memberikan Anda informasi lebih lanjut yang dapat membantu.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/05/can-earwax-cause-hearing-loss

Please rate this

and share :