Hidup Bahagia Walau dengan Masalah Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

No ratings yet.

Mengatasi gangguan pendengaran terkait dengan kondisi kesehatan tidak hanya akan mempengaruhi kesejahteraan. Tetapi juga masa hidup. Jika Anda memiliki gangguan pendengaran, maka inilah yang harus Anda ketahui agar tetap bisa menjadi orang yang paling bahagia dan sehat.

Waspadai Keseimbangan Anda

Dalam sebuah penelitian, individu dengan gangguan pendengaran ringan (25 desibel) lebih sering kehilangan keseimbangan dan jatuh. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki pendengaran sehat. Ada peningkatan tambahan dalam kemungkinan jatuh karena gangguan pendengaran memburuk. Jatuh sekitar 1,4 kali lebih mungkin untuk setiap peningkatan gangguan pendengaran 10 desibel.

Efek dari masalah pendengaran mungkin berarti bahwa lebih banyak kekuatan otak dicurahkan untuk pendengaran daripada keseimbangan. Postur dan kontrol tubuh memerlukan aktivitas otak yang mungkin terganggu karena kehilangan pendengaran, membuang keseimbangan seseorang. Gangguan ini dapat meningkatkan risiko jatuh.

Menurut Dewan Nasional Penuaan (NCOA) :

  • Jatuh adalah penyebab nomor 1 cedera fatal dan tidak fatal bagi orang Amerika yang lebih tua.
  • Falls mengancam keselamatan dan kemandirian , dan mereka menghasilkan biaya ekonomi dan pribadi yang sangat besar.
  • Falls menghasilkan lebih dari 2,8 juta cedera yang dirawat di unit gawat darurat setiap tahun , termasuk lebih dari 800.000 rawat inap dan lebih dari 27.000 kematian.

Mengatasi Gangguan Pendengaran

Kunjungi Audiolog

Dalam jurnal The Laryngoscope , para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis, Mo, menemukan bahwa mereka memiliki keseimbangan yang lebih baik ketika menggunakan alat bantu dengar dibandingkan dengan yang tidak.

Penulis senior Timothy E. Hullar, seorang profesor otolaringologi, menjelaskan, “Para peserta tampaknya menggunakan informasi yang masuk melalui alat bantu dengar mereka sebagai titik rujukan pendengaran atau landmark untuk membantu menjaga keseimbangan.”

Tanyakan Audiolog Tentang Kesehatan Telinga Bagian Dalam

Bertanggung jawab atas keseimbangan tubuh kita, sistem vestibular di telinga bagian dalam dapat menyebabkan masalah pendengaran dan juga masalah stabilitas.

Coba Praktik Mudah Ini:

Berdiri dengan satu kaki ; tahan selama 30 detik setiap sisi. Jika itu menjadi mudah, coba lakukan pada permukaan yang kurang stabil. Saat Anda membaik, tantang diri Anda untuk melakukannya dengan mata tertutup!

Berjalanlah dari tumit ke ujung kaki. Ambil 20 langkah ke depan, tumit ke ujung kaki. Kemudian berjalan mundur, dengan ujung kaki ke tumit, dalam garis lurus.

Lakukan yoga . Yoga membantu keseimbangan, fokus, gerakan, dan koordinasi dengan membantu Anda menguasai transisi dan mengembangkan kekuatan Anda.

Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengatasi Gangguan Pendengaran

Menjadi proaktif tentang gangguan pendengaran dan kesehatan secara keseluruhan dapat membantu mengurangi risiko yang tercantum di atas.

  • Jika Anda mengenal seseorang dengan gangguan pendengaran, cobalah berbicara dengan mereka tentang alat bantu dengar .
  • Jika Anda mengenal seseorang dengan gangguan pendengaran, pelajari kiat – kiat komunikasi untuk membantu mereka tetap terlibat secara sosial.
  • Makan dengan benar. Makanan yang kaya akan folat, magnesium, seng, dan lemak omega-3 membantu mendengar dengan cara yang berbeda

Bicaralah dengan Audiolog Tentang Alat Bantu Dengar

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Council on Aging (NCOA) menemukan bahwa mereka yang kehilangan pendengaran yang tidak diobati lebih mungkin melaporkan depresi, kecemasan, dan paranoia, dan lebih kecil kemungkinannya untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial terorganisir dibandingkan dengan mereka yang memakai alat bantu dengar. 

Hubungi tenaga profesional perawatan pendengaran untuk mengatasi dan berdiskusi masalah ganguan pendengaran dan mencari solusinya secara tepat.

Sumber : https://www.lafayettehearingcenter.com/blog/tips-to-live-longer-with-hearing-loss/

Please rate this

and share :