Catat ya! Ini Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar yang Tepat
Alat Bantu Dengar

Catat ya! Ini Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar yang Tepat

4.5/5 (4)

Alat bantu dengar merupakan investasi jangka panjang. Sehingga sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan alat bantu dengar yang tepat serta cara merawatnya di rumah. Tidak seperti kebanyakan perangkat elektronik, alat bantu dengar harus selalu dalam kondisi yang ideal setiap saat.

Rutin membersihkan dan merawat ABD di rumah serta melakukan perawatan rutin yang disediakan oleh ahli perawatan pendengaran akan memberi Anda pendengaran yang lebih baik selama bertahun-tahun. 

Cara Merawat Alat Bantu Dengar

Gunakan alat untuk membersihkan ABD yang sesuai

Kotoran telinga dapat menumpuk di lubang di ujung alat bantu dengar. Jika hal ini terjadi, suara yang keluar akan menjadi teredam atau terjadi feedback (suara whistling). Dan bila dibiarkan cukup lama, dapat merusak receiver ABD. Gunakan wax pick and sikat ABD yang lembut untuk membersihkan kotoran yang mungkin menyumbat.

Tetapkan kebiasaan baik

Selalu cuci tangan dengan baik sebelum membersihkan alat bantu dengar. Lepaskan alat bantu dengar saat mandi, cuci muka, cuci rambut agar air dan sabun tidak merusaknya. Jika Anda menggunakan produk perawatan rambut seperti gel rambut atau hair spray, lepaskan terlebih dahulu ABD Anda dan gunakan kembali setelah selesai.

Bersihkan perangkat ABD sebelum tidur

Membersihkan alat bantu dengar sebelum tidur akan memberikan waktu beberapa jam untuk ABD mengeluarkan udara atau kelembaban yang terjebak selama Anda menggunakanya. Hindari tisu yang mengandung bahan kimia atau alkohol saat membersihkan alat bantu dengar karena dapat merusak perangkat Anda.

Hindari suhu panas atau dingin yang ekstrem

Jika Anda berada pada suhu yang sangat dingin, kami menyarankan untuk menyimpannya didalam tempat penyimpanan dengan baik  Demikian juga, jika Anda sedang menjalani hari dengan cuaca panas yang cukup ekstrem, ada baiknya untuk tetap didalam rumah dan jangan meninggalkan ABD di atas meja, simpanlah di tempat penyimpanan ABD.

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Model In The Ear (ITE)

Saat membersihkan ABD model ITE, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Fokus bersihkan pada bagian bukaan di perangkat termasuk lubang mikrofon menggunakan sikat kecil berbulu lembut atau sikat yang disediakan dari penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda untuk membersihkan kotoran yang menumpuk. 
  2. Gunakan wax pick untuk membersihkan kotoran apapun dari lubang jika kotoran tidak dapat keluar dengan sikat.
  3. Selesaikan dengan menyeka seluruh perangkat dengan kain atau tisu yang bersih dan kering. 

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Model Behind The Ear (BTE)

Untuk membersihkan alat bantu dengar model BTE dan earmold, ikuti langkah berikut ini :

  1. Periksa adanya kotoran pada perangkat dan bersihkan dengan sikat lembut atau kain kering.
  2. Lepaskan earmold dari earhook untuk membersihkannya. Beberapa earmold dapat berubah warna dan meninggalkan bercak noda seiring waktu. Membersihkannya dengan tisu atau kain yang bersih dan kering setiap hari dan merendamnya dalam air sabun hangat sekali setiap minggu akan membantu. Biarkan cetakan benar-benar kering semalaman sebelum digunakan, dan jangan gunakan alkohol atau bahan kimia lain di atasnya. Telinga Anda mungkin akan mengeluarkan sedikit bau dari waktu ke waktu. Bau yang kuat dapat mengindikasikan Anda mengalami infeksi telinga, segera konsultasikan dengan ahli kesehatan pendengaran
  3. Gunakan air-blower untuk mendorong air keluar dari selang tubing dan earhook, biarkan hingga benar-benar kering semalaman.

Perawatan Tambahan

Untuk semua model alat bantu dengar, lakukan hal berikut di malam hari :

  • Keluarkan baterai dan biarkan kompartemen baterai tetap terbuka hingga kering semalaman. Jika dapat diisi ulang, pasangkan charger sesuai ketentuan.
  • Sikat kompartemen baterai menggunakan sikat kecil yang lembut atau sikat khusus alat bantu dengar.

Penggunaan alat pengering alat bantu dengar sangat kami sarankan, terutama jika Anda tinggal di lingkungan dengan iklim yang lembab, menghabiskan banyak waktu di luar ruangan atau sering berkeringat.

Kapan Harus Mengunjungi Layanan Kesehatan Pendengaran

Alat bantu dengar harus dibersihkan secara rutin oleh profesional pendengaran secara teratur seperti yang direkomendasikan oleh penyedia perawatan pendengaran Anda. 

Di ABDI sendiri, kami memberikan perawatan rutin alat bantu dengar yang dapat dinikmati oleh para pelanggan yang telah membeli alat bantu dengarnya di ABDI. Profesional pendengaran kami juga akan memberikan pengingat untuk para pelanggan untuk melakukan perawatan rutin di outlet terdekat kami jika sudah saatnya untuk melakukan perawatan tersebut, diantaranya seperti melakukan fitting ulang dan penggantian tubing atau selang bagi pengguna ABD model BTE.

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan alat bantu dengar dengan benar atau jika Anda merasa perangkat Anda memerlukan perawatan khusus. Anda dapat meminta bantuan ahli pendengaran ABDI di outlet terdekat kami dengan cara klik disini.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/help/hearing-aids/cleaning

Please rate this

and share :