Cara Aman Menyimpan Baterai Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Cara Aman Menyimpan Baterai Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Alat bantu dengar umumnya dapat beroperasi karena menggunakan baterai alat bantu dengar. Baik itu baterai isi ulang maupun sekali pakai. Meskipun alat bantu dengar isi ulang menjadi pilihan yang lebih populer, banyak orang masih menggunakan alat bantu dengar dengan baterai sekali pakai.

Baterai membuat alat bantu dengar bekerja pada kinerja optimalnya, tetapi tahukah Anda bahwa baterai ini dapat menyebabkan cedera serius bahkan kematian jika tidak ditangani dengan benar?

Baterai mengandung merkuri, perak, litium dan logam berat lain sebagai komponen utamanya. Ketika bahan kimia ini tertelan dan bersentuhan dengan cairan tubuh, mereka menciptakan arus listrik yang dapat membakar jaringan dan merusak organ bagian dalam hanya dengan waktu dua jam. Baterai yang bocor juga dapat menyebabkan luka bakar yang serius jika Anda tidak sengaja menyentuhnya.

Menyimpan Baterai Alat Bantu Dengar Sekali Pakai Dengan Aman

Sekarang Anda sudah mengetahui mengapa penting untuk menyimpan baterai dengan aman dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan. Jika Anda memiliki anak kecil atau hewan di rumah, penting untuk menemukan tempat yang aman untuk menyimpan baterai ABD. Berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan :

Boleh Dilakukan

  • Simpan baterai dalam wadah dengan tutup yang rapat. Simpan di rak (semakin tinggi semakin baik – selama Anda bisa meraihnya dengan aman) dengan lemari yang pintunya tetap tertutup.
  • Pastikan Anda menyimpan baterai pada suhu kamar. Suhu yang panas memperpendek masa pakai baterai. Namun, masa pakai baterai juga tidak akan menjadi lebih panjang jika Anda menyimpannya di lemari es. Maka, simpanlah pada suhu kamar.

Tidak Boleh Dilakukan

  • DILARANG menyimpan baterai di samping benda logam, seperti koin dan kunci. Ini adalah barang-barang yang umum ditemukan di saku celana dan dompet.
  • JANGAN simpan baterai bersamaan dengan obat-obatan. Banyak pil memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan baterai alat bantu dengar. Banyak kasus keracunan baterai yang dialami orang-orang yang secara tidak sengaja menelannya saat minum obat sehari-hari.

Cara Membuang Baterai Alat Bantu Dengar dengan Benar

Saat Anda mengganti baterai, pastikan untuk segera memasukkannya ke dalam wadah yang aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan sampai Anda dapat membawanya ke pusat daur ulang. Jangan meninggalkannya di atas meja atau membuangnya ke tempat sampah.

Baterai dapat didaur ulang

Karena logam berharga yang terkandung pada baterai dapat didaur ulang. Kandungan yang sama membuatnya sangat berbahaya jika Anda membuangnya begitu saja ke tempat sampah. Seiring waktu, baterai mungkin akan bocor dan mengeluarkan bahan kimia berbahaya hingga mencemari lingkungan. Pusat daur ulang dapat mengekstrak bahan kimia berbahaya dan membuang sisa isinya, yang aman untuk tempat pembuangan akhir.

Baterai Tidak Sengaja Tertelan?

Menurut  National Capital Poison Control Center, lebih dari 3.500 orang Amerika dari segala usia menelan baterai alat bantu dengar setiap tahun. Jika ini terjadi pada seseorang atau hewan peliharaan di rumah Anda, segera dapatkan bantuan medis.

Jika Anda atau orang terdekat secara tidak sengaja menelan baterai, segera dapatkan perawatan medis. Penanganan segera sangat penting dalam situasi ini.

Luka Bakar Asam

Terkadang, baterai bisa membocorkan asam yang bisa membakar kulit. Jika Anda mengalami luka bakar asam karena baterai ABD, lakukan hal berikut :

  • Gunakan kain basah untuk menyeka area di tangan, wajah atau kaki.
  • Lepaskan semua pakaian atau perhiasan yang mungkin terkena asam baterai sehingga tidak membakar area lain.
  • Alirkan air dingin di atas area yang terkena asam selama 15 menit,
  • Bungkus area yang terkena asam dengan sepotong kain kasa atau handuk katun bersih dan hubungi dokter Anda jika kulit Anda terus berubah warna.

Ingin membeli baterai dengan harga termurah hanya Rp. 30.273,- (sudah termasuk ppn 11%)? Klik disini dan dapatkan baterai alat bantu dengar termurah dikirim langsung ke alamat rumah Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52253-Hearing-aid-battery-safety

 

Please rate this

and share :

One thought on “Cara Aman Menyimpan Baterai Alat Bantu Dengar

Comments are closed.