Apa yang Harus Dilakukan Jika Anggota Keluarga Mengalami Gangguan Pendengaran?
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anggota Keluarga Mengalami Gangguan Pendengaran?

No ratings yet.

Gangguan pendengaran dapat dijumpai di tengah-tengah keluarga Anda sendiri. Jika demikian, gangguan pendengaran tidak hanya menjadi permasalahan bagi penderitanya akan tetapi anak-anak, pasangan dan anggota keluarga lainnya mungkin harus menyesuaikan. Misalnya dengan berbicara yang keras atau sering mengulangi kata-katanya. Selain itu, gangguan pendengaran yang tidak diatasi dapat mengakibatkan masalah-masalah kesehatan lainnya. 

Memahami Emosi yang Mengalir ketika Membahas tentang Gangguan Pendengaran

Di Memphis dan Nashville, The Shea Hearing Aid Center menyediakan konsultasi bagi keluarga yang anggotanya mengalami gangguan pendengaran. K.K. Gross, direktur operasi klinis mengatakan bahwa penting bagi sebuah keluarga untuk peduli dengan topik ini. “Gangguan pendengaran yang dialami oleh orang-orang, secara umum akan berdampak pada sekitarnya terlebih dahulu sebelum berdampak pada diri mereka sendiri,” katanya.

Ketika Anda memutuskan untuk berbicara dengan orang terkasih yang memiliki gangguan pendengaran, penting untuk memahami bahwa orang tersebut tengah mengalami tantangan baru dalam hidupnya yang mungkin cukup menakutkan. Identifikasikan setiap perasaan negatif yang Anda miliki dan temukan sebuah cara sehat untuk berkomunikasi dengan mereka tanpa mengedapankan prasangka. Jika mungkin, bicarakan dengan seorang profesional kesehatan pendengaran atau spesialis terkait strategi berkomunikasi dengan mereka. 

Siapkan Diri akan Reaksi dari Kekasih Anda ketika Membicarakan Hal Ini

Topik gangguan pendengaran dikenal sebagai bahasan yang sensitif. Menurut Gross, ”Orang-orang menjadi sangat defensif ketika mereka mengalami gangguan pendengaran karena mereka merasa bahwa itu adalah sebuah kekurangan yang mereka punya.” Meskipun demikian, penting untuk memfokuskan obrolan tersebut. Karena gangguan pendengaran yang dialami oleh pasangan juga dapat berdampak pada diri Anda secara personal. Alih alih untuk memulai kalimat dengan “Anda perlu …”, Gross coba menyarankan seperti,” Saya tidak ingin ada jarak atau hambatan yang menghalangi kita untuk berkomunikasi.”

Memahami Emosi yang Mengalir ketika Membicarakan Gangguan Pendengaran

Pastikan untuk memberi tahu orang tercintamu seberapa besar Anda menilai perannya didalam keluarga. Berikan contoh tentang waktu-waktu berharga yang telah Anda alami bersama dan mungkin banyak juga yang terlewatkan. Penting untuk menguraikan bahwa gangguan pendengaran yang tidak ditangani dapat menyulitkan ketika mencoba berinteraksi anak-anak, cucu dan kerabat lain. Dengan cara ini, mungkin mereka akan mulai berpikir untuk melakukan konsultasi dengan seorang profesional pendengaran dan merencanakan solusi perawatan terbaik.

Arahkan percakapan tentang gangguan pendengaran dengan contoh-contoh nyata dari solusi perawatan gangguan pendengaran yang berhasil dilakukan. Alih alih berfokus pada hal negatif tentang gangguan pendengarannya, arahkan percakapan menuju solusi efektif bagi masalah pendengarannya. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengandalkan alat bantu dengarnya merasakan sebuah peningkatan yang signifikan dalam kualitas hidup mereka dan menghindarkan mereka dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh gangguan pendengaran yang dibiarkan saja..

Mulailah Petualangan yang Baru Bersama-Sama

Perawatan untuk mengatasi gangguan pendengaran merupakan sebuah rehabilitasi yang lebih dari sekadar prosedur singkat. Oleh karena itu, penanganan ini mengharuskan adanya pembelajaran yang terus berlangsung dan dukungan serta kesabaran dari semua pihak keluarga. Beruntungnya, profesional pendengaran telah memahami hal ini dan mereka telah dipersiapkan untuk memberikan solusi-solusi penanganan yang berhasil meskipun harus dengan proses yang bertahap.  Seperti yang Gross kemukakan,”Gangguan pendengaran adalah sebuah petualangan, dan ada orang orang yang dapat berjalan denganmu dan mendukungmu pada setiap fase petualangan untuk menuju ke pendengaran yang lebih baik.”

Please rate this

and share :