Alat Bantu Dengar Anak Membantu Mereka Belajar Lebih Baik
Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar Anak Membantu Mereka Belajar Lebih Baik

No ratings yet.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa gangguan pendengaran yang tidak diatasi dapat mempengaruhi kinerja anak di sekolah. Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa alat bantu dengar anak dan intervensi lain (seperti implan koklea), dapat membantu meminimalkan dampak gangguan pendengaran ini.

Sebagai contoh, sebuah penelitian di University of Iowa menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan pendengaran belajar bahasa dan berbicara lebih baik ketika mereka menggunakan alat bantu dengar. 

Semua anak yang menggunakan alat bantu dengar mengalami perkembangan bicara dan bahasa yang lebih baik, dibandingkan dengan anak dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi. Studi ini juga menemukan bahwa semakin lama si kecil menggunakan alat bantu dengar, semakin baik perkembangan bicara dan bahasa mereka.

“Catatan dari penelitian kami adalah bahwa setiap tingkat gangguan pendengaran, bahkan gangguan ringan, dapat menempatkan anak-anak pada risiko. Penelitian kami menunjukkan bahwa risiko dapat diminimalkan dengan intervensi dini dan agresif,” kata Bruce Tomblin, seorang profesor di University of Iowa

Mengapa Pendengaran Penting Untuk Perkembangan Bicara dan Bahasa?

Kemampuan untuk mendengar dengan baik mempengaruhi kemampuan kita untuk berkomunikasi. Hal ini juga berdampak pada perkembangan kosa kata dan struktur kalimat, prestasi akademik, interaksi sosial dan pilihan karir anak di masa depan.

Menurut American Speech-Language-Hearing Association, ada empat alasan mengapa gangguan pendengaran dapat mempengaruhi anak-anak:

  • Menyebabkan keterlambatan dalam berbicara dan keterampilan bahasa
  • Kurangnya kosa kata menghasilkan prestasi akademik yang lebih rendah
  • Kesulitan komunikasi menyebabkan isolasi sosial dan kepercayaan diri yang buruk

Anak dengan masalah pendengaran mengalami kesulitan mempelajari kata-kata abstrak seperti “sebelum” dan “sesudah”. Mereka juga kesulitan memahami kata-kata dengan banyak arti. Seringkali anak-anak ini mengalami kesulitan mendengar suara tertentu, seperti “s”, “sh”, “f”, “t”, “k” dan “ed”, yang mempengaruhi kalimat yang mereka susun dan kata-kata dalam kosa kata mereka.

Sementara kesenjangan antara anak-anak dengan pendengaran normal dan mereka yang mengalami gangguan pendengaran semakin lebar seiring bertambahnya usia. Anak-anak dengan gangguan pendengaran dapat mengejar ketertinggalan jika mereka menerima diagnosis dan perawatan yang tepat.

Kapan Harus Mengatasi Gangguan Pendengaran Anak?

Sesegera mungkin. Lebih cepat, lebih baik. Para ahli medis menyatakan bahwa bayi dengan gangguan pendengaran permanen yang dikonfirmasi harus menerima alat bantu dengar anak atau perawatan serupa. Pada usia enam bulan merupakan usia permulaan paling awal untuk mengejar perkembangan bahasa dan bicara yang lengkap seperti anak dengan pendengaran normal.

Saat ini, sudah banyak bayi baru lahir yang menjalani pemeriksaan pendengaran untuk bayi baru lahir di rumah sakit. Tetapi jika bayi Anda memiliki hasil tes pendengaran nomal saat baru lahir dan Anda masih curiga dia tidak mendengar dengan baik. Maka pertimbangkan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut di beberapa bulan berikutnya.

Alat Bantu Dengar Anak

Anak-anak berusia empat minggu sudah dapat menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar dan sistem teknologi alat bantu dengar. Jenis perangkat yang paling umum untuk bayi dan anak kecil adalah model belakang telinga (BTE). Hal ini karena penggunaan earmold dapat menampung berbagai macam tingkat gangguan pendengaran. Selain itu juga mudah dibersihkan dan disesuaikan, serta dapat dilepas dan dibuat ulang seiring pertumbuhan anak.

Jangan Tunda! Segera Atasi Gangguan Pendengaran Anak

Sangatlah penting untuk mencari penanganan yang tepat sesegera mungkin. Mengingat dampak gangguan pendengaran pada perkembangan bahasa dan proses pembelajaran anak cukup serius. Terlepas dari kapan gangguan pendengaran anak Anda ditemukan. Intinya: Penelitian menunjukkan intervensi dini tidak hanya meningkatkan perkembangan bicara dan bahasa. Tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial dan keberhasilan akademis anak di masa depan.

Hubungi ABDI di sini untuk mendapatkan bantuan seputar gangguan pendengaran dan alat bantu dengar anak yang paling tepat untuk buah hati Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52160-Hearing-aids-help-language-development-in-kids-with-hearing-loss

 

Please rate this

and share :